Bali juarai lomba cipta menu B2SA Nasional di Hari Pangan Sedunia

Tentu saja tidak sekadar prestasi, namun selanjutnya kami harapkan para ibu bisa menyiapkan menu untuk keluarga yang terdiri dari sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral dan memenuhi prinsip beragam, bergizi, sehat dan aman."
Denpasar (ANTARA News) - Perwakilan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Bali berhasil meraih juara I dalam lomba cipta menu beragam, bergizi, sehat dan aman (B2SA) tingkat nasional serangkaian Hari Pangan Sedunia.

"Saya sangat mengapresiasi prestasi yang sudah dicapai perwakilan Bali di ajang Hari Pangan Sedunia ini," kata Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ayu Pastika, di Denpasar, Minggu.

"Tentu saja tidak sekadar prestasi, namun selanjutnya kami harapkan para ibu bisa menyiapkan menu untuk keluarga yang terdiri dari sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral dan memenuhi prinsip beragam, bergizi, sehat dan aman," ujarnya

Lomba serangkaian Hari Pangan Sedunia ke-36 tingkat nasional telah dipusatkan di Desa Kemiri Mojosongo, Jawa Tengah, Sabtu (29/10). Dalam lomba yang diselenggarakan oleh TP PKK Pusat bersama Kementerian Pertanian, TP PKK Provinsi Bali diwakili oleh TP PKK Desa Guwang, Kabupaten Gianyar.

Menurut dia, lomba Cipta Menu B2SA juga merupakan bagian penting dari upaya diversifikasi pangan melalui keanekaragaman konsumsi pangan nonberas.

"Hal ini juga sejalan dengan langkah Pemprov Bali untuk memperkuat ketahanan pangan dengan memberdayakan potensi lokal dan tidak hanya berpatokan pada beras," ucap istri orang nomor satu di Bali itu.

Ayu Pastika mencontohkan dengan sentuhan kreativitas, bahan pangan lokal nonberas seperti suweg, keladi, sukun dan jagung dapat diolah menjadi menu yang menggugah selera. Kandungan gizi yang terkandung dalam bahan pangan itu pun tak kalah dengan beras.

"Sudah tentu kita harus mengutamakan bahan pangan lokal, yang pastinya harganya jauh lebih murah dan rasanya juga tidak kalah," tambahnya.

Selain itu, pihaknya berharap lewat lomba ini bisa mengangkat makanan khas daerah Bali yang diyakini tidak akan kalah dengan makan cepat saji (fast food).

Dalam lomba tersebut, setiap peserta yang berasal dari seluruh provinsi di Tanah Air ini diwajibkan menampilkan display yang terdiri dari menu sarapan, makan siang dan makan malam.

Setelah Bali, posisi juara II dalam Lomba Cipta Menu B2SA kategori kreasi menu neragam diraih oleh TP PKK Provinsi Kalimantan Timur, disusul Juara III diraih TP PKK Provinsi Jawa Timur, berikutnya untuk Harapan I dan II berturut-turut diraih oleh TP PKK Provinsi Banten dan Papua.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar