Minahasa (ANTARA News) - Hari Pangan Sedunia digelar di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menyusul kondisi pangan di kabupaten tersebut menunjukkan peningkatan.

"Pangan merupakan hal yang paling mendasar dalam kelangsungan hidup manusia," kata Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow, di Tondano, Selasa.

Menjadi kewajiban pemerintah, katanya, untuk mewujudkan ketersediaan pangan demi kesejahteraan masyarakat.

Kondisi pangan di Minahasa menunjukkan perkembangan yang cukup baik, ketersediaan stok beras lokal sampai dengan Oktober 2014 surplus mencapai sebesar 1.374,5 ton.

Disisi lain, katanya, kebutuhan cabai sangat tinggi yang dapat mempengaruhi inflasi daerah. Maka sejak bulan Februari telah dilaksanakan kerjasama dengan Bank Indonesia dalam menunjang Minahasa sebagai Kabupaten Cabai.

Gubernur Sulut diwakili Asisten II Pemprov Sulut Sanny Parengkuan menegaskan bahwa momentum ini harus menjadi pendorong bagi pemerintah dan masyarakat untuk menjaga ketersediaan pangan dan belajar untuk gerakan 1 kali tanpa nasi dalam 1 minggu.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Sulut Sandra Moniaga mengatakan bahwa tujuan Hari Pangan Sedunia untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat bersama stakeholders tentang pemenuhan kebutuhan pangan bagi masyarakat. Diharapkan agar dapat menghasilkan sumber daya lokal dalam rangka diversifikasi pangan.

Digelar pula lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal yang diikuti 15 Kab/Kota se-Sulut.

Adapun hasil lomba cipta menu adalah:

Juara 1 Kabupaten Minahasa, juara 2 Kota Kotamobagu, juara 3 Kabupaten Bolmong, juara 4 Kabupaten Bolmut, dan juara 5 Kota Manado.

Peringatan Hari Pangan Sedunia tingkat Provinsi Sulut dipusatkan di Minahasa pada Selasa 25/11 di Wale Ne Tou Tondano.

Acara yang dihadiri Gubernur Sulut diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sanny Patengkuan, Forkopimda Sulut, Bupati Minahsa Jantje Wowiling Sajow, Ketua TP PKK Minahasa Dr Olga Sajow-Singkoh, Kepala Badan Ketahanan Pangan Sulut Sandra Moniaga, para jajaran Pemkab Minahasa, para Kelompok Tani dan Nelayan se- Sulut, TP PKK Kecamatan dan Kelompok P2KP se-Minahasa.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014