... ingin salaman. Tapi tangan saya habis pegang daging...
Jakarta (ANTARA News) - Pada saat pedagang dan pengunjung Pasar Bambu Kuning, berjubel berfoto dan berjabat tangan dengan calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, seorang pedagang daging sapi malah sungkan.

"Saya ingin salaman. Tapi tangan saya habis pegang daging," kata salah satu pedagang saat bekas menteri pendidikan dan kebudayaan itu mengunjungi Pasar Bambu Kuning, Sunter Agung, Jakarta Utara, Senin.

"Tidak apa-apa, Pak. Tadi bapak juga habis pegang ikan," kata salah satu tim kampanye Anies-Sandiaga, yang mendampingi calon nomor urut tiga itu. Sejak awal Anies Baswedan-Sandiaga Uno menyatakan menempuh jalur partai politik untuk bisa mengusung mereka ke Pilkada DKI Jakarta 2017 nanti. 

Pedagang itu pun akhirnya bisa menjabat tangan Baswedan, yang tanpa ragu menjabat semua tangan yang terulur kepadanya, serta melayani permintaan siapapun berfoto bersama.

"Keinginannya apa, Pak? Bapak ingin pemerintah yang bagaimana?" tanya teknokrat itu, mencoba menjaring aspirasi pedagang pasar.

Seusai keluar-masuk pasar, dia mengatakan, keluhan terbanyak pedagang pasar adalah harga-harga barang yang tinggi. Menurut dia, salah satu solusi yang ditawarkan Anies-Sandiaga adalah memotong rantai distribusi sehingga harga menjadi murah.

Kata dia, itulah salah satu program utama dia bersama Sandiaga Uno, yaitu menata pasar tradisional agar lebih nyaman dan bersih sehingga tidak mengganggu aktivitas jual beli.

"Penataan jangan diartikan dengan relokasi. Mungkin nanti akan ada beberapa pedagang dipindahkan. Namun, fokus kami adalah membuat pasar tradisional menjadi bersih dan nyaman," tuturnya.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016