London (ANTARA News) - Gema Pilkada DKI Jakarta pun sampai di Kerajaan Inggris dengan dideklarasikannya dukungan untuk Ahok Djarot BADJA 4 DKI.

Sekelompok masyarakat Indonesia yang ada di London, Minggu, mendeklarasikan berdirinya Perwakilan London yang memberikan dukungan untuk Ahok djarot BADJA 4 DKI di Trafalgar Square yang menjadi ikon kota London

Deklarator itu adalah Jenny Collier sebagai koordinator yang beranggotakan para anggota Indonesia yang menetap di London.

Deklarasi dilakukan di tempat ikon kota London oleh BARA JP London serta di Big Ben Westminster yang diakhiri di Trafalgar Square oleh Gerakan Rakyat Indonesia (Garindo).

Salah satu pendukung, Joash Tapiheru yang merupakan peneliti di Riset Centre for Politica and Government (PolGov) Universitas Gajah Mada, Yogjakarta mengatakan Ahok merepresentasikan ide tertentu.

"Ini berlaku bagi yang mendukung dia maupun tidak," ujar dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik jurusan Politik Pemerintahan UGM itu.

Lebih jauh Joash Tapiheru mengatakan bagaimana orang mengidentifikasikan dirinya dengan masing-masing ide itu tidak bisa dibatasi garis batas administratif.

"Apalagi ide itu terkait dengan isu besar ke-Indonesia-an dan lokus kontestasi politiknya yang ada di Jakarta, sebagai barometer politik Indonesia," ujarnya.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016