Wifi.id Corner yang dibangun tersebut memang lokasinya luas dan letaknya pun tidak harus di halaman kantor Telkom, tapi juga ruang publik, antara lain di sekolah, kampus, perumahan, pelabuhan, bahkan di alun-alun atau taman kota,"
Denpasar (ANTARA News) - PT Telkom meluncurkan koneksi fixed broadband melalui Wifi.id Corner di Bali, salah satunya di wilayah Monang-Maning, Kota Denpasar, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat.

"Untuk wilayah Bali layanan fixed broadband melalui Wifi.id Corner tersebar di 200 lokasi, yaitu 170 di antaranya di Denpasar dan 30 lainnya di Kota Singaraja, Kabupaten Buleleng," kata Executive Vice President PT Telkom Regional 5 Jatim, Bali, Nusra Suparwiyanto di sela peluncuran produk tersebut di Denpasar, Rabu.

Ia mengatakan meningkatnya kebutuhan warga masyarakat (netter) terhadap akses internet berkecepatan tinggi membuat pihak Telkom memperbanyak jumlah lokasi Wifi.id Corner dan memperluas tempat agar bisa menampung lebih banyak, yaitu hingga 200 tempat duduk.

"Wifi.id Corner yang dibangun tersebut memang lokasinya luas dan letaknya pun tidak harus di halaman kantor Telkom, tapi juga ruang publik, antara lain di sekolah, kampus, perumahan, pelabuhan, bahkan di alun-alun atau taman kota," ujarnya yang didampingi sejumlah manajer Telkom lainnya.

Suparwiyanto menjelaskan untuk seluruh wilayah yang menjadi wilayah jangkauan, yakni di Jatim, Bali, Nusra, saat ini sudah terbangun 2.200 Wifi.id Corner, dan ini jumlah terbanyak di antara seluruh Divisi Regional yang ada di Telkom.

"Secara nasional, jumlahnya mencapai 6.500-an lokasi yang tersebar dari Pulau Sabang sampai Merauke," ucapnya.

Ia mengatakan pembangunan Wifi.id Corner ini biasanya mengikuti pengguna yang ada, yakni tempat-tempat berkumpulnya komunitas pengguna internet. Tentu saja juga berada di lokasi yang sudah terjangkau jaringan fiber optik.

Pembangunan jaringan fiber optik ini, kata dia, dilakukan Telkom untuk mempercepat pemerataan akses broadband karena akses tersebut menjadi salah satu pendorong percepatan pembangunan ekonomi di Indonesia. Survei menyebutkan bahwa setiap kenaikan penetrasi broadband sebesar 10 persen akan berdampak pada 1,38 persen GDP penduduknya.

Telkom sangat mendukung upaya pembangunan infrastruktur broadband ini karena sesuai dengan tekad pemerintah untuk mempercepat pembangunan dan pemerataan infrastruktur di Indonesia.

Suparwiyanto menyatakan kegembiraannya karena pembangunan infrastruktur (connectivity) yang telah dilakukan juga sangat ditunjang oleh perangkat yang beredar di pasar.

"Banyaknya perangkat elektronik yang dilengkapi konektivitas ke jaringan wifi, seperti ponsel, televisi, kamera digital, surveillance camera, PC (personal computer), PC tablet, makin menumbuhkan kebutuhan yang tinggi terhadap lokasi-lokasi dengan akses Wifi.id Corner di area Jatim, Bali dan Nusra," katanya.

Suparwiyanto lebih lanjut mengatakan sekarang di pasaran bahkan PC tablet hanya menyediakan konektivitas menggunakan Wifi tanpa menyediakan konektivitas melalui mobile broadband (3G atau 4G).

Dikatakan Wifi.id Corner adalah lokasi dengan akses wifi.id yang berkecepatan sampai 100 Mbps. Telkom bahkan menambah kecepatannya di atas 100 Mbps karena banyaknya pengguna yang mengakses pada saat yang sama.

Keberadaan Wifi.id Corner juga menyediakan tempat yang cukup nyaman untuk duduk, dilengkapi pula dengan konektor jaringan listrik. Pada beberapa lokasi Wifi.id Corner juga diselenggarakan kegiatan hiburan pada waktu-waktu tertentu, atau bahkan "nonton bareng" untuk memberikan apresiasi kepada para pelanggan.

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016