Amsterdam (ANTARA News) - Wakil Belanda, Ajax, berhasil mengatasi klub Spanyol, Celta Vigo, dengan skor 3-2 dalam laga penyisihan Grup G Liga Europa di Stadion Amsterdam Arena, Jumat pagi WIB.

Kemenangan itu membuat Ajax memimpin klasemen sementara Grup G dengan koleksi 10 poin sekaligus memperbesar peluang mereka melaju ke babak 32 besar, sementara Celta Vigo (5) tak beranjak dari urutan kedua.

Talenta berbakat yang tengah mencuri perhatian sejumlah klub raksasa Eropa, Kasper Dolberg, membuka keunggulan Ajax pada menit 41 dengan sepakan kaki kanannya menyelesaikan umpan kiriman Bertrand Traore.

Keunggulan itu digandakan Hakim Ziyech pada menit 67 lewat sontekan jarak dekat, lagi-lagi memanfaatkan umpan yang dilepaskan Traore.

Empat menit berselang Ajax menjauh dari kejaran Celta Vigo dalam keungulan 3-0 setelah umpan yang dikirimkan Jairo Riedewald berhasil diselesaikan dengan mudah oleh Amin Younes pada menit 71.

Hal itu direspon Eduardo Berizzo dengan menurunkan Iago Aspas menggantikan Sene, disusul Giuseppe Rossi digantikan John Guidetti pada menit 78.

Keputusan itu terbukti tepat sebab Guidetti memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3 setelah menyelesaikan umpan Aspas, sebelum kemudian Aspas mencetak gol kedua Celta Vigo pada menit 86.

Sayangnya upaya Theo Bongonda menyelesaikan umpan Aspas pada menit 88 masih bisa diselamatkan penjaga gawang Andre Onana sehingga Celta Vigo harus pulang dengan tangan hampa dari pertandingan tersebut yang dimenangi Ajax 3-2.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:

Ajax (4-3-3) Andre Onana (PG); Joel Veltman, Davinson Sanchez, Jairo Riedewald, Daley Sinkgraven; Lasse Schoene, Davy Klaassen, Hakim Ziyech (Nemanja Gudelj); Bertrand Traore, Kasper Dolberg (Mateo Cassierra), Amin Younes
Pelatih: Peter Bosz

Celta Vigo (4-3-3): Ruben Blanco (PG); Hugo Mallo, Sergi Gomez, Fontas, Planas; Marcelo Diaz, Nemanja Radoja, Sene (Iago Aspas); Alvaro Lemos (Daniel Wass), Giuseppe Rossi (John Guidetti), Theo Bongonda
Pelatih: Eduardo Berizzo

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016