Jakarta (ANTARA News) - Beberapa toko di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, Jumat, tutup lebih cepat.

Berdasarkan pemantauan Antara di lokasi, walaupun sebagian kios pedagang kali lima di dekat Pasar Baru Metro Atom memilih tidak berjualan dan tutup lebih cepat, beberapa pedagang terutama yang memiliki kios memilih tetap buka.

"Ini pengunjungnya sepi sih, pada ke (Masjid) Istiqlal. Saya tadi lewat di sekitar sana ramai sekali. Pedagang PKL juga tidak tahu pada kemana, ini tidak seramai biasanya," kata seorang pedagang buah yang tidak mau disebutkan namanya ketika ditemui di kawasan Pasar Baru.

Sementara itu, petugas parkir di dekat Pasar Baru Metro Atom, Poniman membenarkan ada beberapa toko yang berjualan pada Jumat pagi namun kemudian memilih untuk tutup.

"Padahal biasanya sampai sore juga masih buka. Mungkin mereka takut, dari kemarin sudah banyak omongan soal ada demo besar," kata dia.

Petugas keamaan di Pasar Baru, Syaiful, mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan dan penjagaan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang diakibatkan oleh unjuk rasa.

"Pasar Baru ini dekat sekali dengan lokasi (demonstrasi), ya kami petugas keamanan antisipasi saja. Pedagang juga beberapa tidak buka, ini buka sepi lagi namanya tetapi sepi banget," kata Syaiful.

Beberapa elemen masyarakat pada 4 November berencana melakukan unjuk rasa di Jakarta terkait dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama.

Hingga pukul 12.45 WIB, beberapa elemen masyarakat peserta demonstrasi tampak berjalan dari sekitar Gedung Kesenian Jakarta ke arah Masjid Istiqlal. 

Pewarta: Calvin Basuki
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016