Jakarta (ANTARA News) - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mochamad Iriawan mengatakan tidak akan memerintahkan pasukannya untuk membubarkan demonstran yang masih berunjuk rasa di sekitar Istana Negara karena situasi dianggap kondusif.

Kapolda juga mengatakan jika demonstran tidak membubarkan diri, ia dan anggotanya siap menginap bersama para demonstran di lokasi.

"Tidak usah (dibubarkan). Ini kondusif, lihat saja tidak ada apa-apa. Enggak ada yang mengganggu. Saya tidak bubarkan, akan menginap dengan mereka," kata Irjen Pol Mochamad Iriawan di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Jumat malam.

Ia menambahkan, "Kalau mau pulang Alhamdulillah. Kalau tidak kami nginep disini." Kapolda menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan pembicaraan dengan para perwakilan aksi namun para demonstran memilih untuk bertahan.

"Saya sudah bicara, tapi mereka mau di sini. Ya sudah kita tungguin bersama Pangdam Jaya. Sebelumnya kami memang sudah memprediksi bahwa kemungkinan itu ada. Jadi kami sudah siap," kata Kapolda.

Lebih lanjut, Iriawan mengatakan bahwa salah satu alasan demonstran tetap bertahan adalah ingin memaksakan Ahok ditangkap dengan segera. "Ya ingin memasakan Ahok segera ditangkap." Pantauan di lokasi, sebagian massa aksi sudah membubarkan diri. Namun konsentrasi massa yang cukup banyak masih terdapat di Jalan Merdeka Barat, dekat dengan Istana Negara.

Pewarta: Alviansyah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016