Solo (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono memimpin apel pengamanan laga sepak bola antara Persija-Persib dalam Indonesia Soccer Championship (ISC) di tempat parkir Manahan Solo, Sabtu.

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono mengatakan dalam pengamanan sepak bola antara tim tuan rumah Persija Jakarta melawan Persib Bandung dinyatakan Siaga 1.

Ia mengatakan PT Gelora Trisula Semesta (GTS) selaku operator turnamen sudah membuat surat aturan, dan disepakati oleh manajemen, baik Persib Bandung maupun Persija Jakarta.

Ia menjelaskan ketika Persib Bandung menjadi tuan rumah maka suporter Jakmania pendukung Persija tidak boleh hadir, begitu juga sebaliknya jika Persija menjadi tuan rumah di Solo, Bobotoh tidak boleh menonton.

Oleh karena itu, pihaknya selaku aparat keamanan siap menegakkan aturan tersebut.

"Saya sepakat dengan aturan itu, karena dapat mengurangi risiko terjadi kerusuhan atau ketegangan antara kedua suporter," katanya.

Oleh karena itu, ia memerintahkan seluruh kapolres di jalur selatan dan pantura di Brebes, Jateng untuk bersiaga. Jalur selatan mulai perbatasan Jawa Barat dan Cilacap, Banyumas, Kebumen, sedangkan perbatasan pantura di Brebes.

"Kami sekarang menempatkan satuan setingkat kompi (SSK) di setiap daerah perbatasan masuk Jateng," katanya.

Ia mengatakan para suporter Persib yang masuk Jateng diajak dialog dengan baik-baik untuk dikawal kembali ke Jabar. Pihaknya juga memohon kepada manajemen tim atau koordinator suporter untuk menghormati aturan.

Pihaknya menurunkan 2.000 personel dari berbagai satuan, baik anggota Polri maupun TNI, serta Satpol PP Pemkot Surakarta.

"Kami sudah sepakat untuk masalah pengamanan secara bersama-sama baik Polri maupun TNI bersatu menjaga kondisivitas sehingga aktivitas, ekonomi masyarakat berjalan dengan normal," katanya.

Apel pengamanan laga sepak bola antara Persija Jakarta melawan Persib Bandung diikuti 2.000 personel dari Satuan Dalmas, Brimob Polda Jateng, anggota Polresta Surakarta, Kodim 0735 Surakarta, Korem 074/Warastratama, Kopassus, Detasemen POM, Kostrad 408, Satpol PP Pemkot Surakarta.

Pewarta: Bambang DM
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016