Bournemouth, Inggris (ANTARA News) - Setelah melewati 10 pertandingan pertama tanpa kemenangan, Sunderland akhirnya berhasil meraih kemenangan perdana mereka di Liga Utama Inggris dengan mengalahkan Bournemouth 2-1 pada pekan ke-11 di Stadion Vitality, Sabtu.

Tim besutan David Moyes itu bahkan berhasil meraih kemenangan tersebut meski hanya tampil dengan 10 pemain sejak Steven Pienaar menerima kartu kuning kedua pada menit 59.

Meski demikian kemenangan itu tak cukup membawa Sunderland meninggalkan dasar klasemen sementara Liga Utama Inggris dengan koleksi poin lima poin, sementara Bournemouth (12) merosot ke urutan ke-12.

Tuan rumah lebih dulu unggul atas Sunderland lewat gol Dan Gosling pada menit 11 dengan memantulkan bola umpan silang kiriman Adam Smith dengan dadanya ke dalam gawang yang dikawal Jordan Pickford.

Sunderland lantas menyamakan kedudukan pada menit 33 dengan gol pembuka puasa 18 bulan dari Victor Anichebe yang berhasil menyelesaikan umpan kiriman Jermain Defoe dengan sepakan dari sudut sempit.

Pada menit 56 dua momen terjadi. Pertama penyelamatan ganda dari Pickford atas upaya dari Charlie Daniels dan Jack Wilsher, kedua pelanggaran Pienaar atas Junior Stanislas yang berujung diusirnya bek gaek asal Afrika Selatan itu dari lapangan oleh wasit Mike Dean.

Meski bermain dengan 10 pemain, Sunderland tak menyurutkan daya juang mereka yang akhirnya berbuah hadiah tendangan penalti saat Anichebe dilanggar Smith pada menit 73.

Defoe yang menjadi algojo dengan tenang menaklukkan penjaga gawang Artur Boruc demi membawa Sunderland berbalik unggul 2-1 pada menit 75.

Selain gol dari Anichebe dan Defoe, Pickford berperan penting memastikan kemenangan Sunderland lewat penyelamatannya pada menit 88 atas tendangan cepat Joshua King atas umpan Benik Afobe.

Hal itu direspon para penggemar Sunderland dengan meneriakkan dukungan kepada Pickford, "Jordan Pickford, he's one of our own!", demikian seru para penggemar yang ikut dalam laga tandang Pasukan Kucing Hitam itu.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Utama Inggris:

Bournemouth (4-2-3-1): Artur Boruc (PG); Adam Smith, Simon Francis, Steve Cook, Charlie Daniels; Dan Gosling, Harry Arter (Lys Mousset); Junior Stanislas (Ryan Fraser), Jack Wilshere, Jordon Ibe (Benik Afobe); Joshua King
Pelatih: Eddie Howe

Sunderland (4-4-2): Jordan Pickford (PG); Billy Jones, Lamine Kone, Papy Djiolobodji, Patrick van Aanholt; Steven Pienaar, Patrick McNair (Jason Denayer), Dider Ndong, Duncan Watmore (Donald Love); Victor Anichebe, Jermain Defoe (Lynden Gooch)
Pelatih: David Moyes

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016