Jakarta (ANTARA News) - Jepang percaya peta Korea berbentuk seperti kelinci, namun kebanyakan warga Korea Selatan justru percaya peta Korea berbentuk seperti harimau yang menggeliat dari tidurnya.

"Semenanjung Homigot ini adalah bagian ekor dari harimau yang menggeliat. Kita ada di bagian paling Timur Korea," kata salah seorang penduduk setempat, Jun Young Hwang di Pohang, Korea Selatan pada Kamis (3/11).

Homigot memiliki makna "desa ekor harimau". Warga setempat percaya Homigot adalah lokasi di mana matahari pertama kali terbit di Korea Selatan.

Homigot Sunrise Square atau Alun-alun Matahari Terbit Homigot terletak di sebelah Utara Provinsi Gyeongsang, menghadap ke Laut Jepang, atau orang Korea menyebutnya sebagai Laut Timur.

Dari Seoul, jaraknya sekitar 360 kilo meter ke arah Tenggara, atau sekitar lima jam naik bus.

"Pada malam Tahun Baru biasanya banyak orang berkumpul di sini untuk menikmati matahari terbit pertama kali di setiap awal tahun," kata Jun.

Yang menarik di Homigot Sunrise Square, ada dua patung tangan raksasa dari perunggu. Satu tangan muncul dari dalam air laut, satu lagi ada di bagian pantai dan keduanya saling berhadapan.



Patung tersebut dikenal dengan sebutan "Hands of Harmony". Tak jelas makna dari patung tersebut. Tapi menurut penduduk setempat, patung tersebut dibangun untuk memperingati datangnya milenium baru.

Pantai Homigot terletak di Pohang yang juga merupakan kota lahirnya industri baja Korea dengan dibangunnya pabrik baja pertama, Pohang Iron & Steel Company (POSCO).

Di sepanjang pantai, jajaran restoran seafood menawarkan aneka hidangan ikan nan segar. Burung camar laut berseliweran menghiasi langit subuh yang mulai memerah dan terang dilatarbelakangi suara gemuruh ombak yang menimpali kicauan camar yang bersahut-sahutan.

Di seberang patung "Hand of Harmony", di bagian pantai, ada monumen Millenium Baru. Di mana terdapat api abadi yang menyala sejak pergantian milenium.

Di sana juga ada mercusuar yang merupakan museum nasional mercusuar. Isinya penuh dengan pameran sejarah mercusuar Korea sejak zaman dahulu hingga sekarang.

Jika Anda bosan dengan suasana kota atau wisata belanja, Homigot bisa menjadi alternatif tujuan wisata Korea Selatan.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016