Hanoi (ANTARA News) - Bintang pop Vietnam Dong Nhi dinyatakan sebagai pemenang 2016 MTV Europe Music Awards (MTV EMA) untuk kategori Artis Terbaik Asia Tenggara dalam acara penganugerahan yang berlangsung di Rotterdam, Belanda, awal pekan ini.

Penyanyi berusia 28 tahun itu menyisihkan calon-calon lainnya dari Singapura, Indonesia, Filipina, Thailand dan Malaysia dalam salah satu dari 18 kategori resmi MTV EMA.

MTV EMA baru pertama kali membuat kategori khusus "Best Southeast Asian Act" dalam deretan penghargaan. Sebelumnya, "Artis Terbaik Asia Tenggara" itu masuk pada subkategori "Artis Terbaik Asia".

Dong Nhi muncul sebagai pemenang pertama kategori baru itu kendati dua bintang pop Vietnam lainnya, yaitu Son Tung M-TP dan My Tam, berjaya di posisi puncak artis terbaik Asia Tenggara, masing-masing pada 2015 dan 2013.

Dong Nhi, yang aktif tampil sejak 2007, merupakan penyanyi yang populer di kalangan anak muda Vietnam dan telah mendapat berbagai penghargaan musik di dalam negeri.

Video musiknya, Bad Boys, terkenal di berbagai penjuru negeri.

Tahun ini, bintang super Kanada Justin Bieber menyapu sejumlah penghargaan, antara lain untuk kategori artis paling favorit dan artis Kanada terbaik (untuk lagu andalannya Sorry).

Ikon pop, Lady Gaga, memenangi dua penghargaan, yaitu sebagai Artis Perempuan Terbaik dan Artis Berpenampilan Terbaik.

Tahun ini, penghargaan juga jatuh pada Martin Garrix, Shawn Mendes, Twenty One Pilot dan Zara Larsson.

Sementara itu, bintang besar Beyonce harus pulang dengan tangan hampa.

MTV EMA diciptakan pada 1994 oleh MTV Networks Europe.

MTV EMA menjadi perayaan tahunan yang digelar untuk menghargai para artis di seluruh dunia atas sumbangan penting yang mereka berikan kepada industri musik.

Pemenang EMA dipilih oleh para penonton dan penggemar yang memberikan suara mereka melalui laman EMA.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016