Jakarta (ANTARA News) - Pebalap muda Indonesia asal Maluku, David Juliano Sitanala, akan berlaga di ajang balap F4 China 2017 setelah mengantongi dukungan dari Pemerintah Provinsi Maluku.

Selain sebagai langkah untuk menapaki karir menuju ajang balap roda empat tertinggi Formula One, keikutsertaan David di ajang F4 China juga mengusung misi promosi pariwisata Indonesia, khususnya Maluku.

"Di F4 China 2017 yang terdiri dari 18 kali balapan itu, kami juga akan membuka anjungan di sana untuk mempromosikan keindahan alam Indonesia khususnya Maluku," kata David yang membalap dengan melabeli diri sebagai "Jong Ambon" itu di sela-sela konferensi pers di Jakarta, Jumat.

"Kita semua tahu China negara besar yang penduduknya bukan hanya antusias dalam dunia olahraga balap, tetapi juga potensi sebagai wisatawan buat Indonesia dan Maluku," katanya.

Alasan misi promosi pariwisata pula lah yang membuat David beserta timnya di bawah arahan Stanley Iriawan dari Iriawan Racing Development menjatuhkan pilihan untuk ambil bagian di F4 China dibandingkan kejuaraan lain di level F4 yang diselenggarakan FIA, seperti F4 South East Asia (SEA) yang tahun ini salah satu putarannya akan dilombakan di Sirkuit Sentul, Bogor, 11-13 November 2016.

"Pertama kami mau mempromosikan Maluku dan Indonesia kepada wisatawan dari China. Karena pengalaman saya kalau ikut kejuaraan balap di China, tribun penonton selalu penuh," kata Stanley.

"Dan di setiap ajang balap ada kesempatan meet and greet driver, yang antreannya panjang mengular siapa pun pebalap yang tampil. Di situ kita bisa mempromosikan Maluku dan Indonesia," ujarnya.

Di sisi lain, tentu saja F4 China 2017 dipercaya bakal menjadi langkah tepat untuk melanjutkan karir David di dunia balap, setelah selama ini lebih aktif di ajang-ajang gokart.

Menurut Stanley Irawan, olahraga balap di China maju dengan pesat, karena punya banyak sirkuit bertaraf internasional yang menyelenggarakan kejuaraan-kejuaraan bergengsi.

"Ini bagus buat level persaingan dan pengembangan David sebagai pebalap ke jenjang yang lebih tinggi," kata Stanley yang juga sempat mendampingi anaknya Yasuo Senna Iriawan beberapa kali turun balapan di China mewakili Humpuss.

Setelah mendapatkan kepastian dukungan dari Gubernur Maluku Said Assagaf dan Ketua DPRD Provinsi Maluku Edwin Huawe, selanjutnya David akan menandatangani kontrak resmi dukungan di kampung halamannya pada Januari 2017.

Selepas itu, David akan bertolak ke China untuk melakukan uji coba bersama sejumlah calon tim yang bakal dibelanya di ajang F4 China 2017 pada Februari 2017 mendatang.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016