Sunderland (ANTARA News) - Sunderland memainkan banyak pemain muda di tim utama untuk menarik perhatian bakat-bakat potensial dari seluruh dunia yang berujung pada berlatihnya mereka di akademi klub tersebut, kata pelatih David Moyes.

Moyes sendiri memasukkan 10 pemain berusia di bawah 23 tahun dalam skuat utama musim 2016-2017 ini, dengan tujuan untuk peremajaan tim. Beberapa nama di antaranya bek Paddy McNair, Donald Love dan Jason Denayer. Selain itu ada pula gelandang Didier Ndong dan Adnan Januzaj.

"Saya ingin menginspirasi para pemain muda dan membuat mereka berpikir, Kalau saya ke Sunderland, pelatih akan memasukkan saya ke tim. Itu lebih baik daripada klub besar yang kemungkinan besa tidak memasukkan saya ke skuat," ujar Moyes kepada ESPN seperti dilansir Reuters, Selasa.

"Kami harus bisa memotivasi orang tua dan pemain muda di luar sana untuk datang dan beramin di Sunderland," tutur dia.

Akademi Sunderland sendiri sudah menghasilkan beberapa pemain yang kini sudah beraga di Liga Utama Inggris, termasuk penjaga gawang Jordan Pickford, pemain sayap Dunncan Watmore, gelandang Lynden Godh serta gelandang sekaligus kapten Liverpool Jordan Henderson.

Moyes pun menuturkan bahwa akademi Sunnderland tidak kalah berkualitas dengan akdemi sepak bola Everton dan Manchester United, dua klub yang pernah dilatih Moyes sebelumnya.

Di Liga Utama Inggris, Sunderland kini berada di posisi paling akhir dan berusaha mencari kemenangan kedua mereka di liga kala melawan peringkat 18 Hull City dalam laga kandang di Stadium of Light, Sabtu (19/11).

(M054/D011)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016