Sony Gaokasak ingin perkenalkan Minangkabau melalui film

Padang (ANTARA News) - Sutradara asal Sumatera Barat (Sumbar) Sony Gaokasak ingin memperkenalkan Minangkabau ke dunia melalui film yang baru saja selesai digarapnya dengan judul "Surga Di Telapak Kaki Ibu".

"Saya dari dulu sudah berkeinginan memproduksi sebuah film dengan latar belakang Sumatera Barat dan akhirnya hal itu bisa terlaksana," katanya di Padang, Rabu.

Menurut dia, film ini mengambil latar Sumbar karena ingin memperkenalkan segala sesuatu yang berkaitan dengan Minang, baik itu budaya, seni maupun latar alamnya yang indah.

"Minangkabau punya budaya yang unik dan alamnya pun indah, jadi ini juga bisa menjadi ajang promosi bagi Sumbar," katanya.

Ia menjelaskan alasannya mengambil tema perempuan pada film ini karena wanita di Minangkabau merupakan sosok luar biasa yang dikenal dengan istilah Bundo Kanduang.

Selain itu ia menambahkan dalam produksi kali ini pengambilan gambar paling banyak dilakukan di Sumbar dari pada di Jakarta.

"90 persen pengambilan gambarnya dilakukan di Sumbar dengan memakan waktu lebih kurang 18 hari dan sisanya baru di Jakarta," ujarnya.

Selanjutnya ia mengharapkan melalui film ini seluruh masyarakat bisa sama-sama menjaga kebudayaan lokal sebagai warisan bagi anak cucu ke depannya.

Sementara itu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang ikut hadir dalam pemutara film perdana menyambut baik dengan diproduksinya film yang mengangkat tema budaya Minangkabau ini.

Menurutnya film ini bisa memperkenalkan Sumbar lebih banyak kepada masyarakat luas karena seluruh unsur cerita dan lokasi pengambilan gambarnya berkaitan dengan Sumbar.

"Film ini menceritakan tentang budaya kita sebagai orang Minang, dengan adanya film ini semoga Sumbar semakin dikenal di nasional maupun internasional," katanya.

Salah seorang pemeran Unique Priscillia yang memerankan tokoh bundo di film ini mengatakan senang bisa ikut terlibat dalam penggarapan film ini karena bisa lebih kenal dengan Sumbar.

"Saya senang bisa ikut dalam penggarapan film ini, karena bisa datang langsung ke Sumbar dan juga mengenali budayanya," katanya.

Penggarapan film ini melibatkan sejumlah aktor terkenal seperti Jessica Mila sebagai Denay, Kevin Julio sebagai sebagai Amri, Dewi Hughes sebagai Hanifah (adik bundo) dan Unique Priscillia sebagai bundo.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar