Jakarta (ANTARA News) - Polda Metro Jaya belum menerima informasi terkait adanya unjuk rasa yang akan digelar kelompok masyarakat pada Jumat (25/11) besok.

"Belum ada informasi soal demo besok. Belum ada pemberitahuan terkait demo 25 November," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono di Jakarta, Kamis.

Kendati belum ada pemberitahuan dari para koordinator aksi, Awi menjelaskan, pihaknya telah mengantisipasi dengan mengeluarkan maklumat oleh Kapolda Metro Jaya tentang penyampaian pendapat yang sudah disebarkan secara masif.

Lebih lanjut, Awi mengatakan kepolisian sudah menyiapkan rencana keamanan antara lain pembagian tugas di titik-titik yang direncakan menjadi lokasi demonstrasi deperti Gedung DPR/MPR dan sekitar Jalan Jendral Sudirman, Jakarta.

"Pembagian tugas di titik-titik rencana demo berdasarkan info dari intelejen seperti gedung MPR/DPR dan Jalan Sudirman. Itu kita antisipasi," kata dia.

Namun jika besok tetap terjadi aksi unjuk rasa, Awi menegaskan kepolisian tetap akan bertindak secara persuasif.

"Kita akan lakukan persuasif simpati karena kemerdekaan untuk menyampaikan pendapat dijamin Undang-undang," kata dia.

Ia menambahkan, "kita harapkan masyarakat kooperatif terhadap kepolisian. Siapa pun yang demo, tiga hari sebelum agar menyampaikan pemberitahuan agar polisi bisa memberikan pelayanan maksimal terkait unjukrasa agar bisa konsolidasi, duduk bersama agar demo tidak disusupi orang yang tidak diinginkan."

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016