Jakarta (ANTARA News) - Tim Persija Jakarta mewaspadai permainan kolektif Bhayangkara United yang akan menjadi lawannya pada lanjutan kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (27/11).

Apa yang diwaspadai tim yang dibesut oleh M. Zein Al Haddad ini bukan tanpa alasan karena Bhayangkara United memiliki komposisi pemain muda dan senior yang kemampuannya merata. Bahkan, untuk pemain usia mudanya banyak yang kenyang pengalaman internasional.

"Harus diakui Bhayangkara punya permainan kolektifitas yang bagus. Meski banyak pemain muda, mereka sudah berpengalaman. Bahkan sudah merasakan masuk timnas," kata pelatih Persija, M. Zein Al Haddad di Jakarta, Jumat.

Tim besutan Ibnu Graham meski ditinggal pemain muda potensialnya yaitu Evan Dimas yang memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2016, namun masih banyak yang potensial. Sebut saja Ilham Udin Armayn, Muhammad Hargianto, Putu Gede hingga Zulfiandi.

Meski lawan bakal mencari pelampiasan setelah dikalahkan PSM Makssar 0-1 pada pertandingan sebelumnya, pelatih yang akrab dipanggil Mamak itu tidak gentar. Berbekal sebagai tuan rumah, tim yang berjuluk Macan Kemayoran itu bertekad meraih poin penuh pada pertandingan bergengsi ini.

Apalagi pertandingan dipekan ke-30 ini akan diperkuat beberapa pemain inti yang pada pertandingan sebelumnya absen. Untuk lini belakang, Persija kemungkinan besar akan kembali diperkuat pemain ikonnya yaitu Ismed Sofyan yang sudah sembuh dari cedera. Begitu juga dengan Maman Abdulrahman yang juga siap diturunkan.

"Pemain belakang memang mulai lengkap. Ismed dan Maman sudah membaik. Untuk diturunkan atau tidak tergantung kondisi terakhir nanti," kata mantan pelatih Deltras Sidoarjo itu.

Selain kedua nama tersebut, ada nama lagi yang siap dimainkan yaitu jenderal lapangan tengah, Amarzukih. Pemain serba bisa ini sudah terbebas dari sanksi sehingga akan menambah kekuatan tim asal ibukota yang saat ini menjadi musafir karena Stadion Gelora Bung Karno direnovasi.

Dengan komposisi pemain yang ada seperti Greg Nwokolo, Bambang Pamungkas, Rendik Rendika Rama, Ramdani Lestaluhu, Sutanto Tan, Novri Setiawan hingga Emmanuel Kenmogne dipastikan tim asal ibukota ini akan berjuang habis-habisan mengingat saat ini masih berada diposisi 14 klasemen.

Persija saat ini baru mengumpulkan 30 poin dari 29 pertandingan. Kondisi ini berbanding terbalik dengan Bhayangkara United yang berada diposisi empat dengan raihan 48 poin dari 28 pertandingan. Meski demikian, Macan Kemayoran bertekad mengamankan tiga poin pada pertandingan nanti.

Sesuai dengan rencana, rombongan tim Macan Kemayoran yang berkekuatan 18 pemain akan bertolak menuju Solo, Sabtu (26/11). Hal ini disesuaikan dengan program mengingat setelah melawan Bhayangkara United selanjutnya akan menghadapi tuan rumah Mitra Kukar di Tenggarong, Jumat (2/12).

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016