Padang (ANTARA News) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Asman Abnur mengapresiasi langkah yang diambil oleh Polresta Padang, Sumatera Barat, dengan menggunakan program berbasis telepon pintar dalam memberikan pelayanan maksimal terhadap masyarakat.

"Program Integrated Quick Respond (IQR) ini menunjukkan bahwa pihak kepolisian telah memanfaatkan teknologi dalam bekerja," kata Asman Abnur di Padang, Sabtu, saat mengunjungi Mapolresta Padang.�

Bahkan, menurut dia, dirinya telah berbicara dengan pihak Mabes Polri agar mengembangkan, membudayakan dan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini.

Dia mengatakan sudah saatnya aparat penegak hukum harus lebih modern baik dalam memberikan pelayanan publik, maupun dalam menangani kasus-kasus hukum atau kejahatan modern.

Dirinya menilai dengan melakukan penerapan sistem informasi dan teknologi akan mampu mempercepat penanganan berbagai hal yang diperlukan dalam pelayanan bagi masyarakat.

"Seperti penerapan sistem IQR ini yang memiliki sistem yang terintegrasi dengan tujuan untuk memberikan respon cepat terhadap kebencanaan, kemacetan lalu lintas, kriminalitas," katanya.

Dirinya berharap setiap Polres dapat mengembangkan sistem seperti yang telah dilakukan kepolisian di sini. Ini merupakan inovasi yang membantu dalam meningkatkan kinerja kepolisian.

"Jika seluruh Polres memiliki sistem ini dan dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat maka pelayanan terhadap kebutuhan masyarakat dapat dilakukan dalam waktu singkat," katanya.

Sementara Kapolresta Padang Kombes Pol Chairul Aziz mengatakan aplikasi tersebut berguna untuk memudahkan akses masyarakat dalam menginformasikan suatu kejadian di lingkungan setempat dengan melalui kiriman via foto dan pesan.

Dengan aplikasi itu, pihak terkait akan segera merespon cepat laporan masyarakat tersebut. Silahkan masyarakat yang ingin mengunduh untuk mempermudah dalam memberikan laporan.

Misalkan ada peristiwa pohon tumbang, masyarakat silakan foto dan kirim langsung dengan memakai aplikasi IQR dengan menuliskan alamat lengkap lokasi kejadian.

"Setelah dikirim akan langsung sampai kepada Mapolresta Padang atau ke dinas terkait, selanjutnya anggota akan segera mendatangi lokasi kejadian," katanya menjelaskan.

Kedatangan MenPan RB Asman Abnur ke Mapolresta Padang didampingi oleh Kapolda Sumbar Brigjen Pol Basarudin, Waka Polda Kombes Nur Afiah dan Kapolresta Padang Kombes Pol Chairul Aziz. 

Pewarta: MR Denya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016