Malang, Jawa Barat (ANTARA News) - Pasar Comboran di Malang, Jawa Timur, yang khusus menjual barang-barang bekas, dalam waktu dekat ini bakal direvitalisasi dan dirancang lebih mewah dari pasar-pasar tradisional lainnya, setelah terjadi kebakaran belum lama ini.

Wali Kota Malang, Moch Anton, Minggu, mengemukakan, untuk merevitalisasi dan membangun pasar tersebut, Pemkot Malang telah menganggarkan dana sekitar Rp10 miliar dari APBD 2017.

"Pembangunan pasar ini nanti dirancang lebih mewah dan kemungkinan besar tahun depan sudah dimulai pembangunannya," kata Anton.

Menurut Anton, revitalisasi Pasar Comboran yang hangus terbakar itu cukup mendesak. Nantinya, akan ada pembangunan di lantai dua dan tiga yang rencananya dikhususkan untuk menampung para pedagang kaki lima (PKL) yang selama ini berjualan di Jalan Juanda (pasar barang bekas) dan PKL di Jalan Halmahera serta pedagang yang ada di area luar Pasar Comboran.

Sedangkan pedagang asli pasar akan tetap menempati area semula, yakni di lantai satu. "Jadi semua pedagang (PKL) itu nanti terpusat di Comboran, sehingga konsumen yang akan berbelanja lebih mudah, tidak terpencar seperti sekarang.

Revitalisasi tersebut, lanjutnya, selain untuk memusatkan pedagang pada satu titik, juga bertujuan untuk menciptakan kawasan bebas kumuh serta untuk mengurai kemacetan di kawasan Comboran maupun Jalan Juanda (Boldy) yang selama ini banyak dikeluhkan warga.

Jika pedagang kaki lima yang selama ini berjualan di pinggir jalan, bahkan menggunakan trotoar dan sebagian jalan poros, bisa berdagang di dalam pasar. Harapannya, pendapatan mereka pun akan bertambah dan lebih terstruktur dan tertib.

Ia mengemukakan program revitalisasi tersebut sudah disosialisasikan kepada pedagang.

"Kami berharap kesepakatan dengan pedagang dapat segera diputuskan, sehingga proses pembangunan dapat berjalan lebih cepat, lancar dan segera terlaksana. "Tidak ada yang diubah karena hanya bersifat penataan dan sedikit asesoris yang lebih mewah dari pasar lainnya," kata Anton.

Pedagang yang ada di Pasar Comboran yang hangus terbakar pada awal Oktober lalu mencapai puluhan. Jika ditambah dengan PKL yang berjualan di Jalan Halmahera, Juanda dan Irian Jaya bisa mencapai ratusan. Oleh karena itu, Pemkot Malang menambah satu lantai lagi di Pasar Comboran, yakni menjadi tiga lantai.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016