Jakarta (ANTARA News) - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni disambut kesenian Tanjidor saat mengunjungi komunitas Betawi di Kramat Sentiong, Jakarta Pusat, Rabu.

Pasangan calon nomor urut 1 yang datang dengan menumpang dua delman itu diiringi kesenian orkes dengan alat musik berdawai tersebut hingga di dekat lokasi.

Keduanya melanjutkan dengan berjalan kaki untuk menyapa dan bersalaman dengan warga yang telah berkerumun menunggu kedatangan mereka.

Di depan lokasi, Agus yang memakai baju koko putih dan peci hitam serta Sylviana yang memakai baju batik biru berheti untuk menyaksikan silat Betawi.

Dalam kesempatan tersebut, Agus menyampaikan bahwa pihaknya akan berkomitmen membela kepentingan masyarakat Betawi serta menjaga kebudayaan asli Betawi.

"Kami berkomitmen membela Betawi yang selama ini tersisihkan. Komitmen kami fokus pada upaya memelihara kebudayaan asli Betawi," tutur dia.

Selain memeliha budaya Betawi, ia juga berjanji akan menunjukkan keseriusan mempopulerkan nilai luhur Betawi.

"Kami ingin betul seni dan kreativitas terus maju, batik Betawi populer, pencak silat maju dan dikenal serta memajukan kuliner Betawi," ujar suami model Annisa Pohan itu.

Selain itu, Agus menilai delman adalah ikon DKI dan merupakan peninggalan yang baik sehingga harus dipelihara, khususnya di tempat-tempat wisata di Ibu Kota.

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016