Jakarta (ANTARA News) - Calon wakil gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat turut berbela sungkawa atas meninggalnya korban akibat gempa yang melanda Aceh.

"Kita ikut berduka dari hati yang terdalam. Kita semua berduka. Mudah-mudahan arwah para korban diterima Allah," kata Djarot di Jakarta Barat, Rabu.

Dia mengatakan bangunan-bangunan di Jakarta juga harus dibangun dengan kokoh agar tahan dengan goncangan.

"Ini sekaligus pelajaran bagi kita di sini supaya bangunan kita di sini mampu menahan gempa minimal 7 Skala Richter. Karena DKI ini termasuk daerah lingkaran api (yang dilalui gunung berapi)," tuturnya.

Diberitakan, Kabupaten Pidie Jaya dan sekitarnya diguncang gempa 6.5 SR yang berpusat pada 5.19 LU-96.36 BT, 18 kilometer timur laut Kabupaten Pidie Jaya atau 121 kilometer tenggara Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, pada kedalaman 10 kilometer.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Willem Rampangiley menyatakan jumlah korban jiwa dari gempa Bumi di Kabupaten Pidie, Aceh, adalah 97 orang. "Itu data hingga pukul 17.00 WIB hari ini," kata dia, dalam keterangannya kepada ANTARA dari Aceh, Rabu petang.

Menurut dia, jumlah korban jiwa itu masih ditambah 411 orang luka berat dan 125 orang luka ringan.

Adapun perincian korban jiwa di Kabupaten Pidie Jaya itu adalah dua orang meninggal Kecamatan Lungputu, 23 di Kecamatan Tringgadeng, 29 orang di Kecamatan Meredu, 41 orang di Kecamatan Ukeglee. Sedangkan di Kabupaten Bireun adalah dua orang di Kecamatan Samalanga.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016