Tak ada gol di babak pertama, Indonesia masih unggul agregat

Tak ada gol di babak pertama, Indonesia masih unggul agregat

Pesepak bola Indonesia Andik Vermansyah (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Vietnam Vu Van Thanh pada semi final putaran pertama AFF Suzuki Cup 2016 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2016). Indonesia memang atas Vietnam dengan skor 2-1. (ANTARA /Wahyu Putro A)

Jakarta (ANTARA News) - Laga semi final kedua Piala AFF 2016 antara Tim Nasional Vietnam menghadapi Indonesia masih dalam kedudukan imbang tanpa gol hingga babak pertama usai di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Rabu petang.

Dengan demikian, Indonesia masih memiliki keunggulan agregat berkat kemenangan 2-1 dalam laga semi final pertama di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (3/12) lalu.

Jika kedudukan tanpa gol bertahan hingga akhir, maka Indonesia akan melaju ke babak final, menanti pemenang semi final lain antara Myanmar menghadapi Thailand.

Tuan rumah tampil lebih dominan di sepanjang babak pertama, dengan statistik laman resmi Piala AFF 2016 mencatat tim besutan Nguyen Huu Tang itu menguasai 55 persen pengendalian bola dan melepaskan sekurang-kurangnya lima percobaan tembakan yang dua di antaranya tepat sasaran.

Sebaliknya, Indonesia, terlihat sulit keluar dari tekanan bahkan upaya mereka membawa bola hingga ke sepertiga lapangan akhir bisa dihitung dengan jari dan tak sekalipun melepaskan percobaan tembakan.

Laga baru berjalan delapan menit saat gelandang Vietnam Vu Van Thanh menyelesaikan umpan satu dua sentuhan yang diakhiri dengan sepakan yang masih menyamping jauh dari sasaran.

Kemudian, pada menit 21, Dinh Tranh Trung berusaha melepaskan umpan tarik kepada penyerang sekaligus kapten Vietnam, Le Cong Vinh, hanya untuk dipotong oleh kesigapan penjaga gawang Kurnia Meiga.

Sayangnya pada menit 35 Meiga diganjar kartu kuning oleh wasit Fu Ming asal China, lantaran dianggap membuang-buang waktu dalam mengambil tendangan gawang bahkan tali sepatunya harus diikatkan oleh salah seorang rekannya.

Pada menit 38, Vietnam berhasil melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti sayangnya Cong Vinh berada dalam posisi kurang nyaman untuk menanduk bola, yang dengan mudah dijinakkan oleh Meiga.

Satu-satunya peluang berbahaya Indonesia diraih pada menit 43 lewat kerja sama umpan Andik Vermansyah yang segera diteruskan kepada Stefano Lilipaly kepada Boaz Solossa yang berada dalam posisi cukup leluasa, namun ia terkejar pemain belakang Vietnam dan bola direbut hanya sesaat setelah memasuki kotak penalti.

Sementara pada menit 44, Fachruddin melakukan halauan penting atas upaya umpan tarik Nguyen Trong Hoang, yang setidaknya menjaga gawang Indonesia dari marabahaya hingga pengujung babak pertama.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Piala AFF 2016:

Vietnam: Tran Nguyen Manh (PG); Truong Dinh Luat, Tran Dinh Dong, Que Ngoc Hai, Vu Van Thanh; Nguyen Trong Hoang, Luiong Xuan Truong, Dinh Thanh Trung; Nguyen Van Toan, Le Cong Vinh, Nguyen Van Quyet
Pelatih: Nguyen Huu Tang

Indonesia: Kurnia Meiga (PG); Beny Wahyudi, Hansamu Yama, Fachruddin, Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen, Bayu Pradana; Andik Vermansah, Stefano Lilipaly, Rizky Pora; Boaz Solossa
Pelatih: Alfred Riedl

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Shin Tae-Yong, pelatih baru Timnas Indonesia

Komentar