Presiden sebut penanganan gempa Pidie sangat baik

Presiden sebut penanganan gempa Pidie sangat baik

Presiden Joko Widodo (ANTARA /Yudhi Mahatma)

Banda Aceh (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut penanganan gempa yang terjadi di Kabupaten Pidie Jaya dan sekitarnya sudah sangat baik.

"Dan yang paling penting tadi penanganannya saya lihat sudah cepat sangat baik, evakuasi dapat dikatakan sudah 99 persen. Sudah selesai tadi," kata Presiden Jokowi setelah menjenguk korban bencana gempa yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Zainoel Abidin, Kota Banda Aceh, Kamis malam.

Ia mengatakan, korban-korban yang dibawa ke RSUD tersebut merupakan pasien rujukan dari wilayah yang terkena gempa.

Korban yang dirawat di RSUD tersebut sebanyak 19 orang dan kemudian bertambah 4 orang lagi.

"Yang dibawa ke sini ke Rumah Sakit Zainoel Abadin di Banda Aceh ada 19 tapi tadi masuk lagi 4 orang dan yang sudah ditangani operasi ada 8 orang," katanya.

Sebagian besar korban yang dirawat mengalami patah tulang dan beberapa di antaranya membutuhkan operasi orthopaedi.

Presiden Jokowi keesokan harinya akan langsung ke lokasi bencana di Kabupaten Pidie Jaya dengan menggunakan helikopter dari Banda Aceh.

"Besok kita lihat lapangan seperti apa kemudian bantuan-bantuan yang akan diberikan terutama untuk merekonstruksi kembali setelah nanti kita lihat lapangan seperti apa yang penting evakuasi penanganan korban di RS sudah ditangani dengan baik," katanya.

Sedangkan terkait anggaran, Presiden menyatakan segalanya masih diperhitungkan dan baru akan dilihat untuk dihitung kemudian.

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar