Banda Aceh (ANTARA News) - Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Soedarmo mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Aceh untuk menyumbang kepada korban gempa bumi di Pidie Jaya, Bireuen dan Pidie.

"Kita sebagai abdi negara punya kewajiban untuk meringankan beban para korban," kata Soedarmo di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya sesuai dengan surat yang akan diedarkan pada Kamis (15/12) sebagai bentuk kepedulian sesama masyarakat Aceh, sehingga kondisi daerah yang lumpuh karena musibah gempa bumi, bisa berangsur pulih.

Pejabat Eselon I akan menyumbang sebanyak Rp5 juta, Eselon II Rp2 juta dan Pejabat Eselon III akan menyumbang Rp1 juta, untuk Pejabat Eselon IV akan menyumbang Rp500 ribu.

Sedangkan untuk ASN lainnya, gubernur mengajak untuk ikut menyumbang sebanyak Rp200 ribu dan para pegawai Non ASN dengan jumlah Rp100 ribu.

"Kita ingin juga membantu dengan harapan wilayah yang dilanda gempa bisa berangsur pulih. Uang yang terkumpul tersebut nantinya akan disumbangkan langsung kepada para korban," katanya.

Pihaknya juga membuka kesempatan kepada masyarakat umum yang ingin menyumbang pada korban gempa bumi, dengan menyerahkannya melalui posko penerimaan bantuan yang dibuka oleh Pemerintah Aceh.

Pemerintah membuka posko di Media Center Humas Aceh, di Kompleks Kantor Gubernur Aceh atau bisa mengirimkan langsung ke Rekening Bantuan Gempa Pidie Jaya dengan nomor rekening: BNI 222 222 5010 / BRI 37 01 003831 306, atau bisa menghubungi ke 0822 474 27041.

Data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 6,5 SR di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh pada Rabu (7/12) pukul 05.36 WIB dengan pusat gempa terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT, tepatnya di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km.

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016