Tomohon, Sulawesi Utara (ANTARA News) - Panglima Kodam XIII/Merdeka, Mayor Jenderal TNI Ganip Warsito, saat berkunjung ke Kota Tomohon, mengatakan, kerukunan antarumat beragama di Sulawesi Utara menunjukkan kehidupan Indonesia yang sesungguhnya.

"Sulut adalah daerah di mana nilai-nilai Pancasila sangatlah dirasakan seperti kerukunan antarumat beragama, toleransi dan saling menghormati satu sama lain," kata Warsito, Kamis. Toleransi seperti ini, kata dia, jarang didapati di daerah lain.

Kunjungan kerja dia ke kota berpenduduk lebih dari 100.000 jiwa itu juga diisi dengan dialog dengan aparat pemerintah kelurahan serta perlindungan masyarakat.

"Aparat kelurahan mulai dari lurah sampai kepala lingkungan serta linmas merupakan ujung tombak atau mata telinga dalam menghadapi situasi di masyarakat," katanya.

Peran aparat ini, kata dia, menjadi penting dalam membantu menanggulangi permasalahan-permasalahan saat ini di antaranya narkoba, tindak kekerasan, hinga pungutan liar.

Warsito juga menambahkan, Resimen Induk Kodam di Kelurahan Kakaskasen Tiga nanti akan diusulkan segera direnovasi untuk dioperasionalkan selain sebagai Markas Komando Rindam juga Satuan Pendidikan Bela Negara.

Pewarta: Karel Polakitan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016