Denpasar (ANTARA News) - Panglima Kodam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko, mengingatkan para prajurit untuk meningkatkan soliditas, jiwa korsa dan militansi memaknai HUT ke-68 Korps Infantri untuk melanjutkan pembangunan nasional.

Memperingati hari besar itu, Kodam IX/Udayana menggelar gerak jalan Peleton Pertama Yudha Wastu Pramuka Jaya yang dilepas Widiatmoko, di Lapangan Astina Jaya, Gianyar, Jumat.

Dia mengatakan, gerak jalan diharapkan selain meningkatkan jiwa korsa dan soliditas para prajurit juga dapat meningkatkan nilai kejuangan, patriotisme dan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Selain itu kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan mobilitas satuan berjalan kaki dan kemampuan fisik perorangan maupun peleton dalam rangka peningkatan kualitas tempur prajurit infantri.

"Dengan demikian gerak jalan yang dilakukan bukan hanya sekedar menempuh jarak tertentu saja, melainkan terkandung tekad untuk mewujudkan profesionalisme prajurit infantri," ucapnya.

Dia juga mengajak para prajurit untuk meningkatkan komitmen untuk melanjutkan tekad perjuangan mulia seperti halnya pesan Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Para prajurit yang tergabung dalam Peleton Yudha Wastu Pramuka Jaya juga diharapkan menjaga dan memelihara ketertiban serta disiplin selama dalam perjalanan.

"Laksanakan gerak jalan ini dengan kesungguhan hati dan semangat yang tinggi, perhatikan faktor keamanan serta hindari sikap arogan karena rute yang akan dilalui berkaitan dengan fasilitas umum," ujar Widiatmoko.

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016