Jakarta (ANTARA News) - Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan lingkungan hidup adalah ranah untuk melakukan gerakan di Jakarta bila dia terpilih pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017.

"Bila terpilih, kami akan merancang pemerintahan yang berorientasi gerakan, berbeda dengan basis program kerja yang hanya berfokus pada pemerintah," kata Anies dalam audiensi dengan Greenpeace Indonesia di Jakarta, Jumat.

Anies mengatakan beberapa permasalahan lingkungan di Jakarta bisa diselesaikan dengan beberapa solusi. Salah satunya, tidak melanjutkan reklamasi di perairan Jakarta.

Anies juga berjanji membangun gerakan mengelola sampah sejak dari rumah tangga, komunitas hingga kota, sedangkan pengelolaan sampah oleh pemerintah akan dilakukan lewat bank sampah.

"Persoalan banjir, akan dilakukan pendekatan menyerapkan air sebanyak-banyaknya ke tanah, tidak hanya dialirkan," ujar Anies.

Tentang ruang terbuka hijau, Anies mengatakan yang terpenting adalah ada kegiatan sehingga ruang terbuka hijau akan tercipta dengan sendirinya.

"Kami berencana mengadakan kompetisi warga sepanjang tahun di Jakarta, misalnya empat bulan untuk kompetisi voli, empat bulan berikutnya untuk bulu tangkis," tuturnya.

Menurut Anies, dengan berbagai kegiatan ruang terbuka hijau akan tercipta. Akan ada kegiatan yang "memaksa" untuk menambah ruang terbuka hijau. Dengan begitu, warga juga bisa langsung merasakan manfaatnya.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016