Bantuan ini bagian dari upaya pemerintah melalui Kementerian Sosial melakukan resosialisasi dan reintegrasi `masyarakat khusus`."
Jakarta (ANTARA News) - Kelompok Usaha Bersama (Kube) Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial menyentuh Dusun Taman Jeka, Desa Ratalemba, Poso, yang merupakan zona merah bekas basis Santoso.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa pada hari Sabtu mengunjungi daerah tersebut dan memberikan bantuan sebanyak 39 mesin jahit dan tiga mesin obras untuk sejumlah kelompok usaha bersama (kube) di Taman Jeka dan Uerarulu.

Mensos juga memberikan 200 paket sembako untuk ibu-ibu di dusun tersebut. Bantuan mesin jahit juga diberikan kepada keluarga Santoso dan pengikutnya.

Setelah pemberian bantuan mesin jahit, Kementerian Sosial juga akan memberikan pelatihan menjahit bagi para penerima bantuan.

Tujuannya agar penerima bantuan yang mayoritas perempuan bisa mandiri, kreatif, dan bisa menghasilkan produk layak jual sehingga bisa membantu menambah perekonomian pada keluarga dengan jalan mengembangkan sebagai usaha kecil.

"Bantuan ini bagian dari upaya pemerintah melalui Kementerian Sosial melakukan resosialisasi dan reintegrasi masyarakat khusus," kata Mensos.

Resosialisasi dan reintegrasi tersebut, kata Mensos, merupakan bagian dari upaya menciptakan keserasian sosial mengingat Taman Jeka merupakan zona merah bekas basis Santoso dan simpatisannya. Harapannya, mereka bisa kembali berbaur dengan masyarakat lain dan melupakan masa lalunya.

Agar menumbuhkan perekonomian masyarakat setempat, Khofifah meminta bantuan mesin jahit tersebut dipergunakan sebaik-baiknya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat Taman Jeka dan Uerarulu.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016