Hujan dengan intensitas tinggi yang disertai angin kencang memang mengakibatkan tujuh rumah warga yang tersebar di tiga kecamatan itu rusak akibat tertimpa pohon berukuran besar serta longsor."
Situbondo (ANTARA News) - Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo, Jawa Timur, mencatat sebanyak tujuh rumah milik warga rusak akibat bencana longsor dan pohon tumbang setelah di wilayah tersebut sejak dua hari terakhir dilanda cuaca ektsrem.

"Hujan dengan intensitas tinggi yang disertai angin kencang memang mengakibatkan tujuh rumah warga yang tersebar di tiga kecamatan itu rusak akibat tertimpa pohon berukuran besar serta longsor," ujar Koordiantor Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdal Ops) BPBD Situbondo, Purwanto di Situbondo, Rabu malam.

Ia menyebutkan bahwa rumah masing-masing warga yang rusak akibat bencana longsor itu diantaranya, rumah Syafii (50), Zeki (45), Trisno (60) serta rumah Suwarno (45) yang kesemuanya warga Dusun Semogo dan Dusun Glindung, Desa Kalirejo, Kecamatan Sumbermalang.

Bencana Longsor di dua dusun itu, katanya, terjadi pada Rabu sore pukul 17.30 WIB setelah sebelumnya di daerah tersebut diguyur hujan lebat disertai angin kencang. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor, tetapi bagian belakang rumah korban rusak tertimbun longsoran tanah.

Selain itu, lanjut dia, bencana longsor juga terjadi di Dusun Tegal Manik, Desa Gunung Putri, Kecamatan Suboh dan menimpa satu rumah warga bernama Ali (65) dan mengakibatkan bagian samping rumah korban rusak sedang.

"Longsor di Kecamatan Suboh itu juga tidak ada korban jiwa karena saat kejadian longsoran tanah itu penghuninya sedang berada di rumah saudaranya dan longsor pada Rabu dini hari sekitar pukul 01.00 WIB," katanya.

Ia menambahkan bahwa selain bencana longsor, cuaca ekstrem hujan lebat disertai angin kencang juga mengakibatkan tiga rumah warga rusak parah akibat tertimpa pohon yang tumbang dan salah satu penghuni rumah terluka karena tertimpa reruntuhan bangunan rumah.

"Pohon tumbang dan menimpa satu rumah warga ini di Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih. Korban bernama Tomin (55) selamat, sedangkan Sahito (38) mengalami luka ringan dan Satoni (50) (perempuan) mengalami luka berat akibat tertimpa reruntuhan bangunan rumah semi permanen," katanya menjelaskan,

Pohon tumbang juga terjadi di Dusun Karanganyar, Desa/ Kecamatan Kendit dan menimpa rumah Wahyudi (33). Pohon berukuran besar tersebut tumbang setelah angin kencang dan hujan lebat terjadi di daerah itu.

Petugas BPBD Situbondo mengimbau kepada masyarakat agar terus waspada cuaca ekstrem yang menurut BMKG akan terjadi hingga 24 Desember.

Pewarta: Novi Husdinariyanto dan Zumrotun Solichah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016