Pertunjukan seni di tempat-tempat kesenian, seperti di GKJ dan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) itu harus terus didorong. Dengan begitu, kesenian di Jakarta bisa terus dilestarikan
Jakarta (ANTARA News) - Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku akan berupaya memajukan kesenian yang ada di Provinsi DKI Jakarta, antara lain dengan membuat pelatihan kesenian bagi anak-anak di rumah susun (rusun).

"Kami ingin sekali memajukan kesenian yang ada di Jakarta. Jangan sampai kesenian itu hilang," kata Basuki di Balai Rakyat (Rumah Lembang), Menteng, Jakarta Pusat, Jumat.

Menurut pria yang lebih akrab disapa Ahok itu, salah satu cara yang dilakukan untuk memajukan kesenian DKI Jakarta, yaitu melatih anak-anak yang tinggal di rumah susun (rusun) untuk belajar kesenian.

"Kami pusatkan pelatihan kesenian itu untuk anak-anak rusun dan juga di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), misalnya belajar orkestra, belajar menyanyi, menari dan lain-lain," ujar Ahok.

Selain melatih anak-anak rusun dan RPTRA, calon gubernur nomor urut dua itu juga mengatakan akan memperbanyak pertunjukan kesenian di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ).

"Pertunjukan seni di tempat-tempat kesenian, seperti di GKJ dan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) itu harus terus didorong. Dengan begitu, kesenian di Jakarta bisa terus dilestarikan," tutur Ahok.

Seperti diketahui, masa kampanye dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 berlangsung mulai 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017. Sedangkan hari pemilihan akan jatuh pada 15 Februari 2017.

Terdapat tiga pasang calon gubernur dan wakil gubernur yang terdaftar dalam Piklada DKI 2017, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016