counter

Tiongkok pangkas kepemilikan surat utang Amerika Serikat

Tiongkok pangkas kepemilikan surat utang Amerika Serikat

Yuan (REUTERS)

Washington (ANTARA News) - Tiongkok terus memangkas kepemilikan surat utang negara Amerika Serikat pada November tahun lalu, data terbaru dari Departemen Keuangan AS menunjukkan, Rabu.

Tiongkok mengurangi kepemilikan surat utang AS 66,4 miliar dolar AS pada November, dengan total kepemilikan turun menjadi 1,0493 triliun dolar AS. Tiongkok telah memotong kepemilikan surat utang AS selama enam bulan berturut-turut.

Renminbi Tiongkok (RMB) atau yuan, telah mengalami penurunan tajam sejak Oktober tahun lalu, sehingga memicu kekhawatiran pasar.

Para ekonom mengesampingkan kemungkinan berlanjutnya penurunan tersebut pada 2017, dan percaya Tiongkok akan mampu menangani dampaknya, dalam pandangan surplus transaksi berjalan Tiongkok yang relatif besar saat ini dan pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Jepang, yang mengambilalih posisi Tiongkok sebagai pemegang terbesar dari surat utang AS pada Oktober, juga memangkas kepemilikannya 23,3 miliar dolar AS menjadi 1,1086 triliun dolar AS pada November.

Pada akhir November, kepemilikan asing secara keseluruhan atas surat utang AS turun menjadi 5,9443 triliun dolar AS dari 6,0404 triliun dolar AS pada Oktober.

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar