Franceville, Gabon (ANTARA News) - Sebuah gol bunuh diri dari Rudinilson Silva turut mengantarkan Burkina Faso menang 2-0 atas Guinea Bissau sehingga lolos ke perempatfinal Piala Afrika, Minggu waktu setempat.

Bertrand Traore kemudian mempersembahkan gol kedua untuk memastikan Burkina Faso menjadi juara Grup A dengan mengoleksi lima poin dari tiga kali bertanding, di atas Kamerun yang kalah selisih gol.

Guinea Bissau tampil untuk pertama kalinya dalam putaran final Piala Afrika. Mereka sebenarnya tampil bagus namun kurang sentuhan akhir di mulut gawang, selain rapuh di barisan pertahanan.

Burkina memimpin sejak menit 12 ketika Rudinilson menghalau bola dengan sundulan namun justru masuk ke gawangnya sendiri melewati penjaga gawang Jonas Mendes.

Kemudian bola dari tendangan jarak jauh penjaga gawang Burkina Faso Herve Koffi diteruskan oleh sundulan Aristide Bance kepada Prejuce Nakoulma dan kemudian diberikan kepada Traore yang diubahnya menjadi gol kedua Burkina usai mengecoh Mendes.

Ini kali ketiga Burkina lolos dari fase grup. Mereka pernah mencapai semifinal turnamen ini pada 1998 dan kalah dari Nigeria pada final edisi 2013, demikian Reuters.  


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017