Jakarta (ANTARA News) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan bahwa susunan kepengurusan operator kompetisi sepak bola tahun 2017, PT Liga Indonesia Baru, belum ditetapkan.

"Susunan direksi dan pengurus PT Liga Indonesia Baru belum final. Jika sudah mencapai kesepakatan, keputusan akhir akan disampaikan kepada publik," tulis pernyataan tertulis resmi PSSI yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu.

Informasi tersebut dikeluarkan PSSI untuk meredam pemberitaan yang menyampaikan PT Liga Indonesia Baru akan dipimpin oleh Iwan Budianto, yang baru dilantik sebagai Kepala Staf Ketua Umum PSSI.

Menurut PSSI, jabatan Iwan Budianto sementara ini di kompetisi adalah sebagai Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden 2017.

Adapun penyelenggaraan Liga 1 direncanakan akan bergulir pada tanggal 26 Maret 2017.

PSSI sendiri memastikan Liga Satu akan bergulir dengan peraturan yang sudah diputuskan dalam rapat anggota Exco PSSI pada 8 Januari 2017 di Bandung. Beberapa regulasi yang penting adalah tentang kewajiban klub yang hanya boleh mengontrak tiga pemain asing dengan aturan dua plus satu atau dua pemain asing non-Asia dan satu pemain Asia.

Kedua, setiap tim tidak boleh menggunakan jasa lebih dari dua pesepak bola berusia 35 tahun ke atas. Kemudian, klub juga diwajibkan mengontrak sedikit-dikitnya lima pemain dengan usia 23 tahun ke bawah (U-23) dengan tiga di antaranya harus dimainkan secara reguler.

Namun, Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono mengatakan pada Jumat (27/1), walau peraturan ini sudah tetap, tetapi ada aspek-aspek rinci yang perlu dibahas lebih lanjut, terutama terkait pemain U-23.

"Misalnya kalau ada pemain U-23 yang ditarik untuk pemusatan latihan tim nasional, entah satu atau dua atau tiga dan seterusnya, apakah klub wajib mencari pengganti atau kewajibannya gugur. Ini menjadi catatan. Kemudian apakah pemain muda itu harus dimainkan 90 menit atau tanpa pembatasan waktu. Bagaimana kalau kelima-limanya cedera, sakit," tutur Joko.

Sebelum Liga 1 bergulir, akan ada turnamen pra-musim Piala Presiden 2017 yang diikuti 20 klub.

Tim-tim tersebut bergabung dalam lima grup, yang akan bermain di lima stadion berbeda yang ditunjuk sebagai tuan rumah yaitu Stadion Maguwoharjo, Sleman; Stadion Kanjuruhan, Malang; Stadion Jalak Harupat, Bandung; Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali; dan Stadion Gelora Bangkalan, Madura.

Turnamen yang berhadiah utama Rp3 miliar ini akan dibuka di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada 4 Februari 2017 dan berakhir di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor pada 12 Maret atau 19 Maret 2017.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017