Roma (ANTARA News) - Sekitar 1.500 imigran, Minggu (5/2), berhasil diselamatkan di Mediterania pada akhir pekan ini, ungkap penjaga pantai Italia.

Jumlah orang yang dievakuasi dalam dua hari terakhir menjadi 4.500 orang secara keseluruhan dalam upaya penyelamatan yang dilakukan sejak Rabu.

Upaya penyelamatan terbaru dilakukan setelah beberapa pemimpin Uni Eropa dalam KTT di Malta pada Jumat menyetujui langkah untuk mengurangi imigrasi massal ke Italia dari Libya.

Di antara langkah tersebut adalah strategi untuk “mematahkan model bisnis” para pelaku perdagangan manusia yang membantu 181.000 imigran memasuki Uni Eropa melalui Libya dan Italia pada tahun lalu.

Rencana tersebut meliputi pendanaan dan pelatihan penjaga pantai Libya agar mereka bisa melakukan pencegatan lebih baik terhadap kapal imigran.

Pada Sabtu, penjaga pantai Libya mengatakan pihaknya menghentikan lebih dari 400 imigran Afrika yang berusaha mencapai Eropa.

Namun, pada hari yang sama, 600 orang lain diselamatkan oleh beberapa kapal, yang sebagian besar dioperasikan oleh penjaga pantai Italia, demikian laporan AFP.  (kn)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017