Surabaja, 4 Februari 1955 (Antara) - Taty Sukandar gadis S.M.A. Surabaja jang telah terpilih untuk mengundjungi U.S.A. dalam hubungan sajembara “New York Herald Tribune” dan kini sedang di U.S.A. telah mendapat pudjian karena kepandaiannja untuk menjesuaikan diri, ketjerdasan dan kesediannja terhadap pertolongan jang diminta daripadanja, demikian dikabarkan oleh Usis. 

Theodore Waller, Direktur Forum New York Herald Tribune menjatakan: “Taty Sukandar banjak mendapat temandi Washington. Ia pasti merupakan suatu bantuan jang berarti untuk forum tahun ini”.

Salah satu rentjana Taty jang telah didjalankan di U.S.A. ialah mengundjungi Sekolah Menengah Verona, New Jersey, dimana ia telah membantu murid2 mengerdjakan aldjabar.

Menurut suratnja keharian2 di Surabaja, Taty menjatakan, bahwa pada umumnya ia dengan mudah dapat mengerdjakan segala masalah2 peladjaran di U.S.A., ketjuali ilmu sedjarah. 

Disamping itu ia harus dapat berbitjara dan mendjawab tiap persoalan jang dikemukakan, terutama jang identik dengan itu di Indonesia. Lagi pula ia harus dapat menjadjikan tari serimpi dan tari piring. Ketjuali utusan dari Indonesia dan Uruguay jang ingin mendjadi dokter, semua utusan dari berpuluh negeri itu sama ingin mendjadi diplomat.


Sumber: Pusat Data dan Riset ANTARA //pdra.antaranews.com/Twitter: @perpusANTARA

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017