Koba (ANTARA News) - Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus mendorong warga untuk mampu menciptakan produk kreatif dalam meningkatkan perekonomian.

"Warga yang kreatif tentu mampu meningkatkan kesejahteraan, terutama mereka yang berhasil membuat produk baru yang bernilai ekonomis," kata Kepala Disperindagkop Bangka Tengah, Useng Komara di Koba, Sabtu.

Ia mencontohkan, Sudarto seorang petani buah naga di Koba mampu menciptakan sebuah produk yaitu teh dari bunga naga dan kreativitas tersebut pantas didukung serta diapresiasi.

"Kendati Sudarto membuat produk teh untuk konsumsi pribadi, tetapi ini bisa saja menjadi cikal bakal produk yang memiliki nilai ekonomis tingga jika diolah secara profesional," ujarnya.

Ia mengatakan, warga seperti Sudarto patut dicontoh karena ekonomi kreatif satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan di tengah sulitnya mendapatkan lapangan pekerjaan sekarang ini.

"Saya tentu salut dengan kerja Sudarto, ini cukup kreatif dan pemerintah daerah tentu akan mendorong agar bisa berkembang dan bernilai ekonomis," ujarnya.

Useng mengatakan, saat ini di Bangka Tengah sudah muncul beberapa produk kreatif di tengah warga di antaranya teh gaharu, minuman jeruk kunci dalam kemasan dan minyak serai wangi.

"Itu merupakan produk kreatif masyarakat yang harus didorong dan dibina, termasuk teh bunga tanaman naga yang merupakan produk hasil olahan Sudarto," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017