Sunderland (ANTARA News ) - David Moyes di kubu Sunderland dan Pep Guardiola di sisi Manchester City sepakat bahwa kehebatan dan kekompakan tim dibangun dari masing-masing pemain meski mereka harus lebih dulu merevolusi diri sendiri.

Moyes dan Guardiola sama-sama menggarisbawahi bahwa pepatah Latin klasik bahwa "ab alio expectas alteri quod facis" yang artinya apa yang engkau harapkan dari orang lain adalah apa yang kau lakukan kepada orang lain.

Baik Moyes maupun Guardiola sama-sama berjaga dan berjuang meraih kemenangan. Manchester City akan menjalani laga tandang melawan Sunderland dalam laga Liga Inggris yang digelar di Stadium of Light, Sunderland, pada Minggu petang waktu setempat, atau Minggu malam, pukul 23.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh beIN Sports 1.

Merevolusi diri sendiri di mata Moyes yang melatih Sunderland, yakni mengetahui peta kekuatan tim yang ia latih. Bukan justru mengawang dan asyik dengan imajinasinya sendiri.

Merevolusi diri sendiri menurut Guardiola, yakni mengakui bahwa kekuatan lawan merupakan titik berangkat dari menyusun strategi di lapangan.

Berikut ini komentar Moyes dan Guardiola sebagaimana dikutip dari laman BBC co.uk:

* Moyes (Sunderland):

"Para pemain telah melakukan segala sesuatu semampu dan sekuat tenaga mereka, baik dalam latihan maupun di pertandingan. Mereka berjuang agar dapat bertahan di Liga Inggris. Mereka yakin mampu karena mereka melihat ada peluang."

"Anda harus menyiapkan dua atau tiga rencana berbeda manakala melawan Manchester City, tentu dengan menyiapkan susunan pemain yang berbeda."

"Ketika melawan Liverpool dan Tottenham Hotspur, kami tampil gemilang. Hal serupa akan kami lakukan manakala melawan City...bukankah City demikian sibuk dengan sejumlah pertandingan."

* Pep Guardiola (Manchester City):
"Selama menjalani musim ini, punya banyak kesempatan baik, meski tidak semuanya kami bisa raih dengan baik pula. Kami tengah berada di momen yang baik, untuk itu kami siap berusaha tampil sebaik mungkin dari satu laga ke laga lain."

"Saya akui bahwa pertandingan ini baru, mengingat Tottenham dan Liverpool justru tidak mampu meraih kemenangan di Sunderland."

"Setiap pertandingan merupakan laga final, tidak melulu karena mempertahankan gelar. Tim termotivasi untuk tampil di laga Liga Champions."  
 

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017