Jakarta (antara) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merampungkan sekitar 3.850 km jalan Trans Papua dari target pembangunan sepanjang 4.330 km untuk mendukung kemajuan wilayah Indonesia Timur tersebut.

"Sorong - Manokwari sudah tembus, tinggal 12 km yang masih hutan, tahun ini pasti akan tembus. Sudah kami terjunkan 3 tim untuk perbatasan Papua Barat dan Papua," terang Menteri Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono di Jakarta.

Kementerian PUPR juga melaksanakan berbagai proyek yang bersifat padat karya dan menggandeng masyarakat dan pengusaha setempat.Salah satu proyek padat karya yang telah berhasil dilakukan adalah program percepatan peningkatan tata guna air irigasi (P3-TGAI) di Papua dan Papua Barat.

"Ada proyek prioritas ada juga padat karya. Kita juga melibatkan pelaksana lokal untuk mengerjakan pekerjaan padat karya. Proyek di bawah Rp50 miliar perusahaan besar tidak boleh bermain di situ," tambahnya.

Program yang menyasar 117 daerah irigasi di Kabupaten Merauke dan 82 lokasi di Kabupaten Manokrawi ini bertujuan untuk perbaikan, rehabilitasi, dan peningkatan jaringan irigasi pedesaan.

Saat ini Kementerian PUPR juga memiliki beberapa program pembangunan lain di Papua, seperti pembangunan Rumah Nelayan, pembangunan bendungan Oransabari dan di Wariori Kabupaten Manokrawi, revitalisasi sungai Klagison di Kota Sorong, Sanitasi berbasis masyarakat, program Kota Tanpa Kumuh, dan perumahan rakyat.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2017