Total biaya pembangunannya Rp164 miliar. Nanti peresmiannya akan dilakukan oleh Presiden dengan menandatangani prasasti. Yang penting sekarang dipercepat saja pembangunannya."
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta agar pembangunan Masjid Raya Jakarta dipercepat, sehingga dapat diselesaikan pada bulan Maret ini.

Permintaan tersebut disampaikan oleh Basuki ketika melakukan peninjauan langsung ke lokasi pembangunan Masjid Raya Jakarta yang bertempat di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat.

"Saya rasa bisa rampung bulan Maret ini. Tapi kalau tidak bisa, ya terpaksa April. Saya minta secepatnya diselesaikan," kata Basuki di Masjid Raya Jakarta, Daan Mogot, Jakarta Barat, Senin.

Menurut dia, pembangunan masjid raya tersebut membutuhkan biaya senilai total Rp164 miliar. Rencananya, peresmian Masjid Raya Jakarta akan dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

"Total biaya pembangunannya Rp164 miliar. Nanti peresmiannya akan dilakukan oleh Presiden dengan menandatangani prasasti. Yang penting sekarang dipercepat saja pembangunannya," ujar Basuki.

Lebih lanjut, mantan Bupati Belitung Timur itu menuturkan tidak ada perubahan terkait bentuk rancangan atau desain bangunan masjid tersebut. Perubahan hanya dilakukan pada bagian atap kaca.

"Yang berubah hanya atap kacanya saja. Kacanya itu terlalu silau, makanya saya minta supaya agak digelapkan. Tapi kalau untuk desain dan model semuanya bagus, tidak ada perubahan," tutur Basuki.

Masjid Raya Jakarta dibangun di atas lahan seluas total 2,4 hektar, dengan luas bangunan 16.985,43 meter persegi. Masjid yang memiliki dua lantai dan satu bangunan itu mampu menampung sebanyak 12.500 jamaah.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017