Kita semua berterima kasih atas jasa-jasa beliau kepada bangsa dan negara
Jakarta (ANTARA News) - Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri pemakaman Mantan Menteri Dalam Negeri Kabinet Indonesia Bersatu I Letjen TNI (Purn) Mohammad Maruf di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat.

Pemakaman melalui upacara militer dengan inspektur upacara Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto tersebut berlangsung khidmat.

Selain SBY dan istrinya Ani Yudhoyono, serta Wapres Jusuf Kalla, hadir pula mantan Wapres Boediono, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan sejumlah tokoh lainnya.

Dalam kesempatan itu, Wapres JK sempat menaburkan bunga di atas makam Mohammad Maruf. Menurut JK, Mohammad Maruf merupakan sosok mantan menteri yang hebat dan mampu bekerja secara efektif.

"Kita semua berbelasungkawa. Di samping berlatar belakang militer yang hebat, beliau juga Menteri Dalam Negeri yang pada masanya sangat efektif (dalam bekerja), pekerja keras, dan sangat luar biasa berjuang untuk bangsa negara," kata JK.

JK juga menyampaikan bahwa Maruf merupakan ketua tim suksesnya bersama SBY kala mencalonkan diri sebagai Presiden dan Wapres pada Pilpres 2004.

"Kita semua berterima kasih atas jasa-jasa beliau kepada bangsa dan negara," kata JK.

Mantan Menteri Dalam Negeri Kabinet Indonesia Bersatu I Mohammad Maruf meninggal dunia, di Bandung, Jawa Barat, Jumat dini hari pada usia 74 tahun.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017