Bandung (ANTARA News) - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa dan musisi senior Sam Bimbo berdiskusi tentang Hari Musik Nasional, di Gedung Sate Bandung, Jumat.

"Kedatangan Kang Sam ke kantor dalam rangka silaturahmi, kebetulan masih ada hubungannya dengan peringatan Hari Musik Nasional kemarin, kata Iwa Karniwa.

Sam Bimbo bertemu dengan Iwa Karniwa di ruang kerjanya di Gedung Sate dan Iwa mengaku terkejut dengan kunjungan musisi legenda tersebut.

"Sam Bimbo dan grupnya adalah musisi sekaligus band favoritnya," kata dia.

Ia mengatakan Sam Bimbo dalam pertemuan tidak terlalu lama tersebut membicarakan tentang peringatan Hari Musik Nasional yang kemarin digelar di Istana Negara bersama Presiden Joko Widodo.

"Jadi kebetulan Bimbo salah satu yang diundang, Kang Sam cerita," ujarnya.

Kepada dirinya, kata Iwa, Sam Bimbo menceritakan bagaimana ke depan seluruh pihak mulai menghargai karya cipta hasil kerja keras para pencipta lagu, musisi serta penyanyi.

"Utamanya agar mendapat royalty dari beberapa pihak terkait yang menggunakan lagu untuk kepentingan bisnis seperti televisi dan lain-lain," katanya.

Ia mengakui persoalan ini setiap tahun menjadi kegelisahan para pelaku industri musik tanah air dan persoalan pembajakan, royalti dan hak intelektual menurutnya masih harus terus diperjuangkan oleh pemerintah.

"Selain persoalan musik, Kang Sam juga menitipkan pesan khusus padanya terkait upaya Pemprov Jawa Barat menjaga lingkungan hidup. Kang Sam meminta bagaimana Jabar mempertahankan dan melestarikan lingkungan hidup untuk kepentingan anak cucu di kemudian hari," kata dia.

(A066/Y003)

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017