Jakarta (ANTARA News) - Arsenal melenggang ke semifinal Piala FA setelah membantai Lincoln City 5-0 dalam laga perempatfinal di Stadion Emirates, London, Inggris, Minggu dini hari WIB.

Arsenal menjadi tim kedua yang memastikan ke semifinal setelah Manchester City mengalahkan Middlesbrough 2-0.

Dua tempat tersisa masih diperebutkan Tottenham Hotspur yang akan menjamu Millwall Minggu malam WIB, dan Chelsea menghadapi Manchester United Selasa dini hari WIB.

Arsenal segera keluar menekan lawan mereka yang merupakan tim non liga atau kasta kelima sepak bola Inggris itu, namun tendangan voli Theo Walcott masih bisa ditepis penjaga gawang Paul Farman dan dibenturkan ke mistar gawang pada menit 14.

Sebaliknya, meski tertekan Lincoln menebar ancaman ke gawang tuan rumah ketika memperoleh kesempatan, termasuk saat aksi individual Nathan Arnold berhasil mengecoh Laurent Koscielny namun masih bisa dihalau penjaga gawang Petr Cech pada menit 30.

Tuan rumah akhirnya unggul pada ujung babak pertama saat Theo Walcott menyambut umpan Kieran Gibbs dengan sontekan tajam ke sudut bawah gawang.

Tim Arsene Wenger itu tak membutuhkan waktu lama untuk menggandakan keunggulan, delapan menit memasuki babak kedua Olivier Giroud menyelesaikan bola sodoran Hector Bellerin demi mengubah kedudukan menjadi 2-0 pada menit 53.

Lima menit berselang, Arsenal memperbesar keunggulan menjadi 3-0 setelah umpan tarik Gibbs yang berusaha dihalau bek LLuke Waterfall malah membuat bola bersarang ke dalam gawangnya sendiri.

Alexis Sanchez ikut mencatatkan namanya pada papan skor pada menit 72 setelah aksi individualnya melewati Bradley Wood diselesaikan dengan tendangan keras untuk membawa Arsenal unggul 4-0.

Kemenangan Arsenal dilengkapi gol kelima dari Aaron Ramsey dengan penyelesaian mudah dari bola sodoran Sanchez yang bak magnet menyibukkan tiga pemain bertahan Lincoln menjaganya dalam waktu bersamaan pada menit 75.

Meski kalah telak, para pemain Lincoln mendapatkan standing aplause baik dari pendukung mereka maupun pendukung Arsenal setelah pertandingan ini selesai

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi FA:

Arsenal
: Petr Cech (PG); Kieran Gibbas, Laurent Koscielny, Shkodran Mustafi, Hector Bellerin, Aaron Ramsey, Alex Oxlade-Chamberlain (Mesut Oezil), Granit Xhaka (Francis Coquelin), Aaron Ramsey, Olivier Giroud (Lucas Perez), Theo Walcott, Alexis Sanchez
Pelatih: Arsene Wenger

Lincoln City
: Paul Farman (PG); Sam Habergham, Luke Waterfall, Sean Raggett, Bradley Wood, Terry Hawkridge (Adam Marriott), Alan Power, Alex Woodyard, Nathan Arnold, Jack Muldoon (Jonathon Margetts), Matthew Rhead (Joe Ward)
Pelatih: Danny Cowley

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017