London (ANTARA News) - Penyerang Sunderland Jermain Defoe kembali ke skuad Inggris pada usia 34 tahun pada Kamis, menjelang pertandingan persahabatan pekan depan melawan juara dunia Jerman dan pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan Lithuania.

Defoe sedang dalam penampilan prima untuk klubnya yang terancam degradasi, mengemas 14 gol dari 24 gol "Si Kucing Hitam" di liga musim ini namun terakhir kali memperkuat Inggris pada November 2013 ketika ia membela timnas untuk ke-55 kalinya.

"Saya tidak ingin hanya melihat usianya dan berpikir ia telah selesai dengan timnas Inggris," kata manajer Gareth Southgate kepada para pewarta.

"Menurut saya, Anda mendapatkan pemain-pemain muda dengan poin untuk dibuktikan dan pemain-pemain yang lebih tua dengan poin untuk dibuktikan. Menurut saya ia masih merasakan hal itu. Menurut saya, ia dijamin dapat dipanggil (memperkuat timnas)."

Inggris akan bermain melawan Jerman di Dortmund pada Rabu depan, dan Lithuania di Wembley pada 26 Maret.

Southgate mengatakan dirinya harus melihat ke jangka pendek serta jangka panjang, bahkan meski Inggris "menatap kepada masa depan" dengan sejumlah keputusan.

"Anda memerlukan pemain-pemain senior untuk mendidik para pemain yang lebih muda, untuk memperlihatkan kepada mereka beberapa hal yang perlu mereka pelajar dan juga pentingnya kompetisi," tambahnya.

Southgate tidak mengecilkan peluang Defoe untuk bermain pada putaran final Piala Dunia di Rusia tahun depan, mengatakan semua pemain menghadapi kompetisi untuk posisi mereka.

"Ini tidak dapat menjadi lingkungan yang nyaman di mana orang-orang berpikir mereka akan masuk (tim inti) setiap saat," tuturnya.

Penyerang Harry Kane, yang mendapat cedera ligamen saat Tottenham Hotspur menang 6-0 atas Millwall pada perempat final Piala FA akhir pekan silam, absen demikian pula penyerang Manchester United Wayne Rooney.

Southgate mengatakan ia telah berbicara dengan Rooney, yang telah pulih dari cedera, namun minimnya penampilannya belakangan ini membuat dirinya sukar untuk diandalkan.

Defoe merupakan pencetak gol terbanyak asal Inggris di Liga Inggris setelah Kane, yang telah mengoleksi 19 gol. Demikian laporan Reuters.

Timnas Inggris

Kiper: Fraser Forster (Southampton), Joe Hart (Torino, dipinjam dari Manchester City), Tom Heaton (Burnley)

Bek: Ryan Bertrand (Southampton), Gary Cahill (Chelsea), Nathaniel Clyne (Liverpool), Phil Jones (Manchester United), Michael Keane (Burnley), Luke Shaw (Manchester United), Chris Smalling (Manchester United), John Stones (Manchester City), Kyle Walker (Tottenham Hotspur)

Gelandang: Dele Alli (Tottenham Hotspur), Michail Antonio (West Ham United), Ross Barkley (Everton), Eric Dier (Tottenham Hotspur), Adam Lallana (Liverpool), Jesse Lingard (Manchester United), Jake Livermore (West Bromwich Albion), Alex Oxlade-Chamberlain (Arsenal),Nathan Redmond (Southampton), Raheem Sterling (Manchester City), James Ward-Prowse (Southampton).

Penyerang: Jermain Defoe (Sunderland), Marcus Rashford (Manchester United), Jamie Vardy (Leicester City).

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017