Manado (ANTARA News) - Gempa berkekuatan 5,6 Skala Richter yang berada pada 35 kilometer dari barat daya Parigi Moutong, Sulawesi Tengah Jumat pukul 18:21:01 WIB tidak berpotensi tsunami.

"Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat gempa bumi ini dirasakan dengan intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI) di Pohuwato, Toli-toli, Gorontalo, Limboto, Limboto Barat, Batudaa, Kabila, Mootilango dan Palu," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Drs Mochammad Riyadi MSi sebagaimana dikutip Kepala Stasiun Geofisika Manado, Sulawesi Utara Irwan Slamet, Jumat.

Hingga saat ini, kata dia belum ada laporan kerusakan.

Gempa yang terjadi di barat daya Parigi Moutong ini jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya masuk kategori menengah akibat aktivitas subduksi dari utara Sulawesi.

"Patut disyukuri bahwa meskipun pusat gempa berada di laut, gempa ini kekuatannya tidak cukup besar sehingga tidak berpotensi tsunami," ujarnya.

Hasil monitoring BMKG hingga pukul 19.00 WIB saat ini belum terjadi gempa susulan.

Dia mengharapkan masyarakat tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi dari BMKG.

Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai Sulawesi Tengah dan sekitarnya diimbau agar tidak terpancing isu mengingat gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017