Cagliari, Italia (ANTARA News) - Han Kwang-Song menjadi pemain pertama asal Korea Utara yang bermain di salah satu liga top Eropa saat tampil untuk pertama kalinya di Serie A bersama Cagliari, Minggu (2/4) waktu setempat.

Han, striker berumur 18 tahun, bermain selama lima menit menjelang akhir pertandingan saat Cagliari mengalahkan Palermo 3-1 setelah didatangkan pelatih Massimo Rastelli pada Februari 2017.

Pemain depan dari ibukota Korea Utara Pyongyang itu tampil bersinar pada Piala Dunia U-17. Cagliari pun tertarik dengan menawarkan opsi percobaan (trial) untuk berlatih dan bermain di Italia kepada pemain itu.

Han Kwang-Song juga disertakan dalam skuat tim muda Cagliari dalam turnamen Viareggio baru-baru ini dan bermain cukup mengesankan untuk ditawari kontrak.

"Dia pemain yang sangat menarik," kata pelatih Rastelli dilansir dari ESPN, Senin.

"Dia punya kualitas hebat, dia benar-benar cepat dan karena (Marco) Sau lelah dan kami kekurangan serangan, maka saya memutuskan memasukkan dia dan dia membuat kontribusi," lanjut Rastelli.

"Dia perlu waktu untuk tumbuh perlahan-lahan. Han benar-benar membuat kesan yang kuat pada kami, terutama di Viareggio," tutur Rastelli.

Selain Han Kwang-Song, ada juga pesepakbola asal Korea Utara yang merumput di Italia. Fiorentina pernah mendatangkan Choe Song-Hyok namun tidak satupun bermain di liga kemudian La Viola melepasnya hanya dalam empat bulan setelah bergabung.

Penerjemah: Alviansyah P
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017