Bandung (ANTARA News) - Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menyatakan jumlah peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA/MA dan sederajat pada 2017 yang akan dilaksanakan pada 10-13 April sebanyak 196.768 siswa di 1.549 sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Ahmad Hadadi, ketika dihubungi melalui telepon di Bandung, Minggu menuturkan jumlah peserta Ujian Nasional Kerta dan Pensil (UNKP) SMA/MA dan sederajat 2017 di Provinsi Jawa Barat sebanyak 47.592 siswa/siswi yang tersebar di 1.113 sekolah.

"Dan Insya Allah, sehari menjelang pelaksanaan UNBK SMA 2017 di Jawa Barat, kami optimists semuanya akan berlangsung aman dan lancar tanpa ada hambatan yang berarti," kata dia.

Menurut dia, secara umum evaluasi pelaksanaan UNBK SMK dan sederajat yang dilaksanakan 3-6 April 2017 di Jawa Barat berlangsung lancar.

"Alhamdulillah secara umum lancar, memang kita akui di hari terakhir pelaksanaan UNBK SMK ada sedikit gangguan, sempat error sistem dan jaringan," kata dia.

Oleh karena itu, kata Hadadi, untuk mengantisipasi hal serupa terjadi pada pelaksanaan UNBK SMA maka pihaknya meminta agar petugas IT di dinas pendidikan provinsi, kabupaten/kota, di sekolah dan Kemendikbud agar siaga selama pelaksanaan.

"Kemudian listrik dari PLN harus ada jaminan, lalu di teknisi harus stand by," kata dia.

(U.A066/S027)

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017