counter

Singa dan beruang kebun binatang Mosul diungsikan keluar Irak

Arbil, Irak (ANTARA News) - Singa Simba dan beruang Lula, dua penghuni terakhir kebun binatang Mosul yang sakit, diterbangkan keluar dari Irak untuk mendapat perawatan darurat dari sebuah kelompok keselamatan hewan.

Sekelompok dokter dari yayasan amal Four Paws International (FPI) membawa kedua hewan tersebut keluar dari Mosul dan berhasil menerbangkan mereka ke Yordania dari ibu kota warga Kurdi Irak, Arbil.

"Kami sedang berada di pesawat dengan binatang-binatang ini, kami berangkat sekarang," kata Amir Khalil, dokter hewan yang memimpin misi Four Paws.

Dokter itu menemukan kedua hewan tersebut tertutup kotoran pada Februari, ditinggalkan di kandang mereka di sebuah kebun binatang milik pribadi bernama Muntazah al-Nour di bagian timur Mosul yang sedang dilanda perang.

Ketika Four Paws mencapai kebun binatang itu, tampaknya tak seorang pun memasuki kandang mereka dalam beberapa pekan dan tidak ada hewan lain selain beruang betina dan singa jantan yang selamat menurut warta kantor berita AFP.

Pasukan Irak meluncurkan operasi besar-besaran untuk merebut kembali kota terbesar kedua Irak itu dari kelompok ISIS pada Oktober dan menghabiskan beberapa pekan untuk memerangi ekstremis sebelum akhirnya merebut wilayah pinggiran bagian timur pada Januari.(kn)


Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar