Abuja (ANTARA News) - Wabah meningitis di Nigeria menewaskan 813 orang sepanjang tahun ini, kata menteri kesehatan Nigeria.

Negara dengan populasi terbesar di Afrika itu bersama organisasi pemberi bantuan berusaha mengatasi lonjakan infeksi penyakit tersebut.

Pemerintah pada Rabu menyetujui pencarian dari rumah ke rumah di Nigeria utara untuk menemukan penderita meningitis agar mereka mendapat vaksinasi dan perawatan, kata Isaac Adewole kepada wartawan setelah rapat kabinet dipimpin wakil presiden Yemi Osinbajo.

Negara Afrika barat itu pada April meluncurkan vaksinasi massal sebagai bagian dari tanggap darurat terhadap wabah penyakit tersebut di negara bagian barat laut negara itu, kata Pusat Pengendalian Penyakit Nigeria (NCDC).

NCDC mengatakan bahwa infeksi tersebut menewaskan 33 orang pada 2016.

Lebih dari 2.000 orang tewas karena wabah penyakit di Nigeria pada 2009, dengan perawatan kesehatan dasar terbatas di daerah pedesaan, di mana kebanyakan orang hidup dengan penghasilan kurang dari 2 dolar AS per hari, meskipun sumber daya minyak mereka sangat besar.

Meningitis adalah radang jaringan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang, yang disebabkan infeksi virus atau bakteri. Wabah itu menyebar terutama melalui ciuman, bersin, batuk dan lingkungan tempat tinggal.

NCDC bekerja sama dengan Badan Kesehatan Dunia, Dana Anak-anak PBB and Dokter Tanpa Perbatasan untuk mengendalikan wabah tersebut, demikian Reuters.

(Uu.Aulia/KR-AMQ)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017