Jakarta (ANTARA News) - Para pendukung Basuki Tjahaja Purnama saat aksi solidaritas di Tugu Proklamasi menyerukan Ahok dibebaskan dari penjara.

"Mendukung dan siap mendampingi perjuangan Ahok untuk mencari keadilan," kata Raja Juli Antoni, yang menjadi juru bicara tim pemenangan Ahok-Djarot, saat membacakan pernyataan sikap di Tugu Proklamasi, Rabu malam.

Ia menilai vonis dua tahun penjara untuk Ahok adalah bukti kematian keadilan di Indonesia sekaligus kemenangan sikap intoleransi.

"Kepada pengadilan tinggi Jakarta untuk segera menangguhkan penahanan Ahok," kata dia.

Antoni, yang membacakan pernyataan sikap atas nama Solidaritas Rakyat Jakarta untuk Keadilan, mendesak Komisi Yudisial untuk memeriksa majelis hakim yang mengadili Ahok karena putusan dianggap di luar kelaziman, mengabaikan fakta di persidangan dan keterangan saksi ahli.

"Pendukung Ahok, rapatkan barisan dan terlibat aktif dalam pembebasan Ahok," kata dia.

Aksi solidaritas untuk Ahok, selain di Tugu Proklamasi Jakarta, juga diadakan di kota lain, antara lain Bandung dan Yogyakarta.

Massa yang berkumpul menyalakan lilin sebagai tanda solidaritas menyanyikan lagu nasional serta meneriakkan yel "bebaskan Ahok".

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2017