counter

Teka-teki mobil kepresidenan Emmanuel Macron: Renault atau Peugoet?

Teka-teki mobil kepresidenan Emmanuel Macron: Renault atau Peugoet?

DS5 Citroen, mobil kepresiden dari Presiden Prancis Francois Hollande. Karena kecil kemungkinan Presiden terpilih Emmanuel Macron akan menggunakan mobil yang lebih besar dan megah (Reuters)

Jakarta (ANTARA News) - Tim presiden Prancis terpilih Emmanuel Macron menolak mengungkapkan mobil apa yang dipakai sebagai mobil kepresiden Macron. Namun yang jelas kendaraan itu pasti buatan Prancis.

Menurut laman harian Inggris The Telegraph, Renault dan pesaingnya, Peugeot-Citroen, telah melobi orang-orang terdekat Macron sejak dia memenangkan pemilihan presiden Prancis Minggu pekan lalu.

Pada 2012, Presiden Francois Hollande, yang ingin memutuskan gaya megah Sarkozy, memilih mobil hibrida ukuran sedang DS5 Citroen.

Niatnya sebagai bentuk kepeduliannya kepada lingkungan, mobil kepresidenan itu malah menjadi simbol kegagalan Hollande dalam memamerkan kemegahan Prancis.

Dia diejek ketika Ratu Elizabeth II mengunjungi Prancis pada 2014. Pasalnya, mobil kepresidenan Prancis yang ditumpangi sang ratu terlalu rendah untuk bisa menampung topi sang ratu.

Belajar dari pengalaman itu, Macron sepertinya akan memilih mobil yang lebih megah demi mempertahankan hasrat merestorasi karakter monarkis kepresidenan Prancis yang megah.

Sedikit mobil yang diproduksi massal Prancis yang sesuai dengan anggaran dan agaknya dia akan mengikuti jejak Sarkozy memilih model tertentu.


Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar